Doa Selamat Perjalanan

Sebagai seorang muslim kita selalu diajarkan untuk berdoa setiap ingin melakukan berbagai hal, bahkan ketika kita ingin masuk ke tempat najis (WC) sekalipun itu ada doanya, ada tuntunannya.

Karena itulah islam, begitu lengkap dan sempurna ajarannya, jika kita membaca pasti kita akan dapati banyak doa-doa yang mesti kita panjatkan dari mulai membuka mata (bangun tidur) hingga tidur kembali.

Tak terkecuali jika kita ingin melakukan safar ke suatu tempat baik itu mengunjungi suatu destinasi wisata, sanak saudara, ataupun hal yang lainnya dalam perjalan kita disunnahkan untuk membaca doa terlebih dahulu.

Meskipun jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh atau bahkan jauh sekalipun seperti mungkin anda yang tinggal di purwokerto kemudian ingin safar ke Purbalingga, atau ke Jogja, atau ke Lamongan itu semua harus diawali dengan berdoa, kenapa ?

mengharap ridho dari Allah dan juga keselamatan selama di perjalanan berangkat maupun kembali pulang kerumah.

Lalu bagaimanakah doa yang harus kita panjatkan ? ketika ingin melakukan perjalanan ? berikut adalah doa-doa yang telah diajarkan dan mashur di kalangan masyarakat kita pada saat ini.

1. Bacaan Doa Bepergian Arab & Arti

 2. Doa Naik Kendaraan Arab & Latin

 Doa Naik Kendaraan Latin

 Bismillaah, alhamdulillaah, (subhaanal-ladzii sakh-khoro lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahu muqriniin. Wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibuun), alhamdulillaah (3x), allaahu akbar (3x), subhaanakallaahumma innii zholamtu nafsii faghfir lii, fa-innahu laa yaghfirudz-dzunuuba illaa anta.

3. Doa Datang Ke Tempat keRamaian

 Doa Datang Ke Tempat keRamaian Latin

 Laa ilaaha illallaah, wahdahu laa syariika lah, lahul mulku wa lahul hamd, yuhyii wa yumiit, wa huwa hayyun laa yamuut, biyadihil khoir, wa huwa ‘alaa kulli syai-in qodiir.

Arti Doa Datang Ke Tempat ke Ramaian

Tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah, Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya. BagiNya kerajaan, bagiNya segala pujian. Dia-lah Yang Menghidupkan dan Yang Mematikan. Dia-lah Yang Hidup, tidak akan mati. Di tanganNya kebaikan. Dia-lah Yang Maha kuasa atas segala sesuatu.

HR. Turmudzi 5/291, Hakim 1/538, dan dihasankan al-Albani dalam shahih Turmudzi 3/152.

4. Doa Pulang Bepergian / Selesai Perjalanan

 Doa Pulang Bepergian / Selesai Perjalanan Latin

 Allaahu akbar (3x). Laa ilaaha illallaah, wahdahu laa syariika lah, lahul mulku wa lahul hamdu, wa huwa ‘alaa kulli syai-in qodiir. Aayibuuna taa-ibuuna ‘aabiduuna lirobbinaa haamiduun, shodaqollaahu wa’dah, wa nashoro ‘abdah, wa hazamal ahzaaba wahdah.

Itulah sedikit doa yang mashyur ketika ingin melakukan suatu perjalanan baik itu jaraknya dekat maupun jauh.

Makna Doa Bepergian

Kenapa si kita harus berdoa ketika ingin bepergian ? Kan tinggal pergi aja, karena apa ? karena kita semua tidak tau kapan allah akan memanggil kita untuk bertemu dengan-Nya, maka dari itu kita disunnahkan untuk berdoa, sekalipun dalam perjalanan kita dipanggil oleh Allah, setidaknya kita sudah memohon ampun terlebih dahulu, dan semoga allah ridho mengampuni dosa kita.

Diantara makna doa bepergian adalah salah satunnya :

  1. Meminta Perlindungan kepada Allah Subhanahu Wata ‘Alla.
  2. Agar Allah senantiasa memudahkan urusan kita dalam menempuh perjalanan.
  3. Agar Terhindar dari segala macam marabahaya di perjalanan.
  4. Dan semoga allah mengampuni dosa-dosa hambanya.

Tidak ada salahnya untuk berdoa, tidak merugikan siapapun ketika berdoa bahkan rasulullah memerintahkan itu semua tujuannya untuk apa ? Agar allah ridho terhadap apa yang kita lakukan.

Selain merasa aman dan tentram dengan berdoa, semoga kita pula mendapat pahala dari allah karena mengikuti Sunnah rasulullah, wallahu’a’lam

Satu pemikiran pada “Doa Selamat Perjalanan”

Tinggalkan komentar