Doa Selamat Dunia Akhirat

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Manusia diturunkan ke muka bumi ini dengan keadaan yang hina. Kecuali beberapa orang saja yang memang dimulyakan oleh Allah SWT. seperti para nabi misalnya. Dalam menjalani kehidupan sehari-hari manusia tidak bisa lepas dari kesalahan, baik kesalahan yang dilakukan dengan kesadaran dirinya sendiri ataupun kesalahan yang luput dari pengetahuan dirinya.

Oleh sebab itu manusia hendaknya selalu melanggengkan doa kepada Allah SWT., tujuannya adalah agar di dalam hatinya selalu terpaut dengan ingatan kepada Allah SWT. Karena manusia yang selalu ingat kepada Allah nantinya akan lebih mudah menjaga diri.

Manusia memang tempatnya salah dan lupa.manusia seringkali membuat kesalahan yang merugikan dirinya sendiri ataupun merugikan orang lain. Manusia juga kadang suka berbuat kesalahan dengan kesadarannya sendiri hingga mengakibatkan ketidak selamatan bagi dirinya baik untuk dunianya ataupun untuk akhiratnya.

Baca Juga: Doa selamat Perjalanan

Oleh sebab itu dalam rangka untuk menjaga diri dari kelalaian di dunia hingga tidak selamat di akhirat maka manusia dianjurkan untuk membaca doa selamat dunia dan akhirat. Doa tersebut sebenarnya bisa dibaca dengan bahasa yang dipahami oleh dirinya sendiri, tidak harus menggunakan bahasa arab.

Tetapi pada lazimnya, berdoa biasanya menggunakan bahasa arab dalam melafalkannya, akan tetapi bila tidak menguasai bahasa arab berdoa dengan menggunakan bahasa sendiri pun juga baik untuk dilakukan.

SAW. pernah mengajarkan doa karena permintaan dari salah seorang sahabatnya. Kemudian Rasulullah SAW. memilihkan doa dengan lafadz singkat akan tetapi mencakup kebutuhan manusia di dunia dan akhiratnya. Berikut doa yang diajarkan Rasulullah SAW. tersebut;

اَللَهُمَّ اغْفِرْلِي وَرْحَمْنِي وَعَافِنِيْ وَارْزُقْنِيْ

Artinya: “Tuhanku, ampunilah dosaku, berikan rahmat-Mu untukku, afiyatkan (sehatkanlah) aku dan berikan anugerah-Mu untukku.

Doa diatas diharapkan menjadi titik awal seseorang dalam beraktifitas sesuai dengan permohonannya dalam doa tersebut. Yaitu semangat atau giat dalam mencari nafkah, menjaga kesehatan badannya dan menjauhkan diri dari segala hal yang menyebabkan terjerumus dalam dosa.

Penjelasan Doa Sapu Jagat

Selain doa diatas masih terdapat juga doa selamat yang sangat lazim dibaca bagi kalangan umat muslim. Ada yang menyebutkan juga bahwa doa tersebut bernama doa sapu jagat. Dinamakan demikian karena doa tersebut merupakan doa untuk meminta keselamatan di dunia dan akhirat.

Doa ini umumnya dibaca pada setiap selesai mengerjakan shalat fardhu. Akan tetapi sering juga dibacakan hampir di setiap akhir dari setiap doa selalu dibaca  doa sapu jagat tersebut. Doa inni memang memiliki keutamaan yang luar biasa.

Keutamaan doa sapu jagat yang paling gampang dipahami ialah bahwa doa tersebut merupakan doa yang mengandung permohonan agar diberi keselamatan di dunia dan akhirat. Apalagi yang paling baik bagi manusia kalau bukan selamat di dunia dan akhirat.

Berikut ini doa selamat atau yang sering disebut juga dengan doa sapu jagat;

Doa Sapu Jagat (Doa Selamat)

Doa Selamat

Selain doa selamat diatas dan doa sapu jagat, sebenarnya mash sangat banyak doa-doa yang berisikan permohonan meminta keselamatan kepada Allah SWT. baik itu keselamatan di dunia dan akhirat atau doa yang berisikan meminta diberi keselamatan dalam rangka menjalankan suatu perbuatan.

Nah dalam berkehidupan sehari-hari, manusia di dunia ini tidak hanya dihadapkan dalam urusan dunia saja. Bagi orang yang beriman tentunya menjadikan urusan dunia sebagai alat untuk menggapai kebahagiaan di akhirat kelak.

Oleh sebab itu manusia selalu dianjurkan untuk memiliki niat yang baik dalam melaksanakan segala amal perbuatannya. Selain niat membaca doa juga wajib untuk dilakukan agar selalu mendapat perlindungan dari Allah SWT.

Berikut doa selamat yang bisa dibaca oleh para pembaca sekalian;

Doa Selamat Arab

Demikianlah yang dapat kami sajikan berkaitan dengan doa selamat dunia dan akhirat. Apabila terdapat banyak kekeliruan dan kesalahan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tinggalkan komentar