Doa Sayyidul Istighfar

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Ada banyak redaksi yang membahas mengenai kandungan atau keutamaan dari bacaan sayyidul istighfar. Bacaan sayyidul istighfar biasanya bagi sebagian orang atau sebagian mushola dan masjid dibaca selepas sholat fardhu sebagai bacaan wiridnya.

Sayyidul istighfar mengandung keutamaan yang sangat luar biasa. Keindahan serta bobot lafal pengakuan di dalamnya memberikan nilai khusus bagi orang yang membacanya di sisi Allah SWT.

Keutamaan Sayyidul Istighfar

Rasulullah SAW menyebutkan ada ganjaran khusus bagi mereka yang mengamalkan sayyidul istighfar pagi dan sore.

Imam Al-Bukhari meriwayatkan dalam sebuah hadits dari Syaddad bin Aus bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya,

“Siapa yang membaca sayyidul istighfar di sore hari, lalu ia meninggal di malam itu, niscaya ia termasuk penghuni surga. Demikian juga berlaku bagi mereka yang membaca sayyidul istighfar di pagi hari, lalu wafat di hari itu juga, niscaya ia termasuk penghuni surga.”

Keterangan ini disebutkan oleh Imam An-Nawawi dalam kitabnya yaitu Al-Adzkar. Dalam karyanya itu Imam Nawawi memasukkan sayidul istighfar ke dalam kelompok doa harian yang dianjurkan untuk dibaca pada pagi dan sore hari.

10 Keutamaan Membaca Istighfar

#1. Membaca Istighfar Merupakan Bentuk Ketaatan Kepada Allah SWT.

Salah satu wujud dari seorang hamba yang taat ialah sering membaca istighfar sebagai bentuk untuk meminta ampunan akan dosa-dosa yang dilakukannya.

#2. Istighfar Merupakan Perantara Diampuninya Dosa

Membaca bacaan acaan istighfar merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan oleh umat muslim agar dosa-dosanya diampuni oleh Allah SWT.

#3.Istighfar Sebagai Sebab Turunnya Hujan

Keutamaan lain dari bacaan istighfar ialah untuk meminta turunnya hujan. Biasanya bila musim kemarau berkepanjangan maka setelah melaksanakan shalat istisqa dianjurkan untuk memperbanyak bacaan istighfar.

#4. Istighfar Sebagai Perantara Mendapatkan Rizki

Dikisahkan bahwasanya syaikhona Kholil Bangkalan kedatangan tamu, lantar  tamu tersebut menceritakan bahwasannya dirinya memiliki masalah berkaitan dengan ekonomi. Syaikhona kholil kemudian menganjurkan untuk membaca istighfar sebanyak-banyaknya.

#5. Kekuatan Akan Bertambah Lantaran Istighfar

Di dalam Quran surat Hud Allah SWT. berfirman yang artinya: “hai kaumku; “mohonlah ampun kepada Rabmu, lalu taubatlah kepada-Nya, niscaya dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa.” (Q.S. Hud: 52)

#6. Penyebab Mendapat Kesenangan Yang Baik

Dengan membaca istghfar maka hati senantiasa akan cerah, tidak gundah serta tidak mudah merasa putus asa. Maka dari itu bacaan istighfar dapat menjadi munculnya rasa senanga yang baik.

#7. Terhindar Dari Azab Allah

Allah SWT. tidak akan memberi azab kepada orang yang rajin membaca istighfar. Allah SWT berfirman yang artinya: “dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun (Q.S. Al-ANfal: 133)

#8. Istighfar Merupakan Kebutuhan Seorang Hamba

Bacaan istighfar sejatinya merupakan kebutuhans etiap manusia yang beriman kepada Allah SWT. Sebab tidak ada satu manusia yang luput dari dosa. Dengan rajin membaca bacaan istighfar maka senantiasa dosa-dosanya akan terampuni.

#9. Istighfar Merupakan Kaffarat Atau Penebus Dosa

Bacaan istighfar yang dibaca oleh manusia merupakan bentuk kaffarat atau penebus dosa yang telah dilakukan oleh manusia.

#10. Mengikuti Sunnah Nabi

Nabi SAW. selalu membaca istighfar seratus kali setiap harinya. Dalam riwayat yang lain ada yang menyebutkan membaca sebanyak tujuh puluh kali.

Doa Mohon Ampunan Dosa

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لى خَطِيْئَتِى وَجَهْلِى وَاِسْرَافِى فِى اَمْرِى كُلِّهِ وَمَآاَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّى

“Ya Allah, ampunilah kesalahan, kebodohan dan keterlaluanku dalam segala urusan, dan ampuni pula segala dosa yang Engkau lebih mengetahui daripada aku.”

Doa Agar Diberi Cahaya dan Ampunan

رَبَّنَا اَتْمِمْ لَنَا نُوْرَنَا وَاغْفِرْ لَنَآ ۖ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ ۝

“Ya Tuhan kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah dosa-dosa kami. Sungguh Engkau Maha Kuasa alas segala sesuatu.” (Al-Tahrîm: 8).

Doa Sayyidul Istighfar

اللّهُمَّ اَنْتَ رَبِّ لَا اِلٰهَ اِلَّا اَنْتَ خَلَقْتَنِي وَاَنَا عَبْدُكَ وَاَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَااسْتَطَعْتُ، اَعُوْذُبِكَ مَنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، اَبُوءُلَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَاَبُوءُ بِذَنْبِ فَاغْفِرْلِ فَإِنَّهُ لَأ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ اِلَّا اَنْتَ

Bacaan Sayyidul Istighfar latin

Allaahumma anta rabbii, laa ilaaha illaa anta khalaqtanii. Wa anaa ‘abduka, wa anaa ‘alaa ‘ahdika wa wa‘dika mastatha‘tu. A‘uudzu bika min syarri maa shana‘tu. Abuu’u laka bini‘matika ‘alayya. Wa abuu’u bidzanbii. Faghfirlii. Fa innahuu laa yaghfirudz dzunûba illaa anta.

Terjemah Arti Doa Sayyidul Istighfar

“Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, yang tiada Tuhan yang pantas disembah melainkan Engkau.yang telah menciptakan diriku. Aku adalah hamba-Mu, dan aku berada dalam perintah dan perjanjian-Mu, yang dengan segala kemampuanku perintah-Mu aku laksanakan. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejelekan yang aku perbuat terhadap-Mu. Engkau telah mencurahkan nikmat-Mu kepadaku, sementara aku senantiasa berbuat dosa. Maka ampunilah dosa-dosaku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau.”

Doa Mohon Curahan Rahmat

اَللَّهُمَّ اِنِّى ظَلَمْتُ نَفْسِى ظُلْمًا كَثِيْرًا وَلاَيَغْفِرُ الذُّنُوْبَ اِلا اَنْتَ فَاغْفِرْلِى مَغْفِرَة مِنْ عِنْدِكَ وَارْحَمْنِى اِنَّكَ اَنْتَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

“Ya Allah, aku telah banyak berbuat zhalim terhadap diriku sendiri, dan tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau, maka curahkanlah ampunan dan belas kasih kepadaku dari sisi-Mu. Sungguh Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Doa Mohon Petunjuk Allah

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ رَحمَةً مِنْ عِنْدِكَ تُهْدِى بِهَا قلْبِى، وَتَجْمَعُ بِها شمْلِى. وَتَرُدَّ بِها الْفِتَنَ  عَنِّى وَتُصْلِحُ بِها دِيْنِى وَتَحْفَظُ بِها غَائِبِى وَتَرْفَعُ بِها شَاهِدِى وَتُزَكِّى بِها عَمَلِى وَتُبَيِّ ضُ بِها وَجْهِى وَتُلْهِمُنِى بِها رُشْدِى وَتُعْصِمُنِى بِها مِنْ كُلِّ سُوْءٍ

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu curahan rahmat dari sisi-Mu, yang dengannya hatiku mendapat petunjuk, terkumpul segala yang bercerai-berai dan terhimpun segala yang terpisah-pisah, tertolak segala fitnah atas diriku dan bertambah baik urusan agamaku, terpelihara segala sesuatu yang jauh dariku dan terangkat apa yang dekat denganku, disucikan segala perbuatanku dan dicerahkan wajahku, diberi ilham menuju petunjuk dan terpelihara diriku dari segala sesuatu yang jelek.”

Tinggalkan komentar