Doa Sabar

Assalamu’alikum warahmatullahi wabarakatuh

Dalam kehidupan sehari-hari manusia selalu dihadapkan dengan berbagai hal yang tidak bisa diterka. Harapan setiap manusia tentu menginginkan yang terbaik bagi dirinya, akan tetapi hukum alam berlaku lain. Manusia hanya bisa berharap namun Tuhan yang nanti akan menentukan segalanya.

Baik musibah atau kebahagiaan yang akan diterima oleh manusia, manusia hanya bisa menerima dengan hati yang tabah, sabar atau dengan hati penuh kegembiraan. Setiap kali menerima suatu nikmat yang diimpikan, maka tentu hati manusia itu akan berbunga-bunga. Tidak jarang juga manusia lupa untuk bersyukur terhadap Allah SWT.

Berbeda halnya bila yang diterima oleh manusia adalah sesuatu yang tidak diinginkan oleh dirinya, maka bila yang diterima oleh manusia itu bukanlah sesuatu yang diinginkan oleh dirinya, sebaiknya untuk tetap berlapang dada dan bersabar menerima kehendak dari yang Maha kuasa.

Pengertian Sabar

Sabar adalah suatu kondisi manusia yang tetap berada pada keseimbangan antara usaha yang dilakukan dan kondisi yang sedang dihadapi. Agak bingung yah? Hehe. Begini ini merupakan pengertian yang kita bangun dari bentuk kesabaran yang kita pahami selama ini dan terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Seseorang yang mengalami sakit maka baginya dianjurkan untuk mengobati sakitnya tersebut, akan tetapi setelah diobati masih juga belum diberi kesembuhan. Sebagai ikhtiarnya dari sakit tersebut ialah ia tetap berobat dan memiliki keyakinan akan kesembuhan dari sakitnya itu.

Baca Juag : Doa Minta Rezeki

Orang tersebut terus melakukan usaha untuk kesembuhan sakitnya dan disertai dengan memanjatkan doa kepada Allah SWT. untuk kesembuhannya. Hatinya tidak mengeluh karena sakit yang dideritanya, ibadah kepada Allah tetapi dijalankan sebagaimana mestinya sesuai dengan kondisi sakitnya.

Kesimpulannya orang tersebut tetap beribadah kepada Allah, tidak mengeluh atas sakit yang dideritanya, dan tidak juga berputus asa karena belum juga sembuh meskipun sudah berusaha untuk diobati. Nah sifat sabar itu berada pada titik antara usaha yang dilakukan dengan kondisi yang sedang dihadapi.

Penjelasan Doa Sabar

Mengenai doa sabar ini ada suatu kisah di zaman Rasulullah SAW. melalui dalam satu hadis disebutkan yang artinya: “Sesungguhnya rasulullah SAW. mendatangi seorang lelaki yang sedang shalat, lelaki tersebut berdoa dalam shalatnya: Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kesabaran kepada-Mu.’

Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Engkau telah meminta musibah, maka mintalah kepada Allah keselamatan.” ( HR. Ahmad).

Musibah itu datang atas kehendak Allah, maka hendaknya seseorang itu meminta musibah tersebut diangkat oleh Allah bukan meminta diberi kesabaran dalam menghadapinya, karena bila meminta diberi kesabaran itu terkesan bahwa musibah tersebut bukan dari Allah sehingga ia meminta bantuan kepada Allah agar diberikan kesabaran.

Maka dalam hal kesabaran hendaknya seseorang berdoa agar angkat musibahnya, bukan meminta diberikan sifat sabar. Sifat sabar memang sifat yang mulia, akan tetapi bila berdoa meminta kesabaran itu akan terkesan seperti halnya agar musibah tersebut terus didatangkan.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Kesabaran adalah separuh dari Iman dan yakin ialah keseluruhan Iman.” Meskipun kesabaran merupakan separuh dari Iman sehingga keberadaannya begitu penting, namun berdoa meminta kesabaran sebenarnya tidak baik.

Kenapa demikian, karena berdoa meminta kesabaran atas musibah sama halnya dengan meminta agar musibah tersebut terus terjadi. Musibah itu terjadi atas kehendak Allah,maka bila tertimpa suatu musibah, henaknya meminta agar musibah tersebut diangkat oleh Allah SWT. dan tentunya tetap dihadapi dengan sikat dan sifat yang qonaah, lapang dada dan sabar.

Artinya tidak mengeluh atas musibah, tidak juga menyalahkan keadaan atau berputus asa, tetapi menghadapi dengan lapang dada, dengan hati yang tenang, dan memohon kepada Allah agar diberikan kekuatan atas musibah tersebut.

Jadi dalam hal menghadapi kesulitan atau musibah sebaiknya berdoa agar diberikan kekuatan atau memohon agar dijauhkan dari suatu musibah. Adapun doa yang bisa dibacakan adalah sesuai dengan keinginan sendiri sesuai dengan kondisi masing-masing.

Wallaohu a’lamu bish shoab. Wabillahi taufiq wal hidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabaraktuh

Tinggalkan komentar