DOA PANJANG UMUR

Assalamualaikum warahmatullahi wabrakatuh

umur setiap manusia pada dasarnya telah ditentukan oleh Alloh SWT sejak ia masih berada dalam kandungan. Sehingga manusia tidak dapat mengubah ajalnya bila waktu telah tiba menghampiri.

Manusia juga tidak diberi tahu kapan dirinya akan mati meninggal dunia dan seisinya. Setiap manusia hanya berharap semoga diberi umur yang panjang, dapat hidup bersama pasangan hidupnya hingga menjadi renta.

Akan tetapi kembali ke masalah umur, sekali lagi manusia tidak dapat mengubah sesuatu yang telah menjadi keputusan Alloh SWT. Termasuk dari beberapa hal yang tidak dapat di rubah adalah urusan umur.

Manusia tidak dapat mengurangi atau menambah jumlah umur yang telah Alloh tetapkan. Lantas bagaimana pembahasan mengenai sebuah doa yang didalamnya memohon kepada Alloh agar diberi umur yang panjang.

Baca juga : Penjelasan tentang Arti amanah

Berikut akan kami bahasa mengenai doa umur panjang dan sedikit penjelasan dari kandungan atau isi dna maksud dari doa tersebut. Mengingat umur tidak dapat dikurangi atau ditambah akan tetapi hampir setiap manusia memohon kepada Alloh untuk diberi umur panjang.

Doa Panjang Umur

Doa merupakan satu-satunya alat atau cara bagi manusia untuk berkomunikasi dengan Alloh SWT. Sholat yang bagi umat islam wajib dilakukan setiap waktu sholat pun isinya adalah doa. jadi doa merupakan alat bagi manusia untuk memasrahkan segala uruasnnya kepada Alloh SWT.

Doa Panjang Umur Arab

Doa Panjang Umur Latin

Allohumma hab lana thoulal ‘umri wa a’maalash shoolihati wal istiqoomata fil ‘ibaadati

Arti Terjemah Doa Panjang Umur

“ya Alloh berikanlah kepadaku (kami) umur yang panjang, amal yang baik dan istiqomah dalam beribadah”

Maksud dari doa tersebut adalah memohon kepada Alloh SWT agar diberikan umur yang panjang, amal yang baik dan keistiqomahan dalam beribadah. Lantas bagaimana dengan keterangan diatas yang menyebutkan bahwa umur manusia tidak dapat dirubah?

Mengapa demikian, maksud dari pada doa diberi umur yang panjang adalah suatu bentuk usaha batin manusia agar umur yang telah Alloh berikan kepadanya menjadi umur yang bermanfaat dan digunakan dalam kebaikan.

Sehingga umur yang sedikit bila kebaikannya lebih banyak dari umur yang panjang maka umur yang sedikit itulah yang seakan-akan lebih lama dari pada umur yang panjang tetapi sedikit amal baiknya.

Jadi maksud dari pada doa umur panjang adalah untuk memohon kepada Alloh agar meskipun umurnya sedikit tetapi kebaikan didalamnya mampu mengalahkan orang yang berumur lebih panjang.

Dari uraian terjemah hadits diatas, imam Nawawi memberi penjelasan bahwa yang dimaksud dengan “dilapangkan rizkinya” ialah diluaskan dan dijadikan banyak hartanya. Adapun menurut pendapat yang lain maksudnya ialah diberi keberkahan harta (meskipun secara lahirnya harta tersebut tidak bertambah).

Baca juga : Arti Ikhtiar

Adapun mengenai pembahasan “ditangguhkannya ajal” atau diberi umur panjang. Par aulama berbeda pendapat dalam menjabarkan keterangan tersebut.

Pertama yang dikamsud dengan penangguhan ajal tersebut ialah bentuk kinayah atau kiasan mengenai berkahnya usia. Artinya ialah dengan lantaran bersilaturrahim seseorang akan diberi kemampuan berbuat ketaatan dan diberi kemudahan untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat dalam hidupnya.

Jadi bersilaturrahim dapat menjadi lantaran manusia tersebut mendapatkan taufiq dari Alloh SWT. Yaitu kemampuan berbuat taat dan menjadi sebab dari tercegahnya melakukan kemaksiatan.

Maka dengan denmikian keharuman namanya akan tetap terjaga meskipun orang terseebut telh meniggal dunia. diantara yang ia peroleh lantaran taufiq dari Alloh ialah ilmu yang bermanfaat, shodaqoh jariyah dan anak yang sholeh.

Jadi kesimpulan dari pada bertambahnya umur ialah bertambahnya barokah dari umur tersebut. Meskipun waktu tidak bertambah akan tetapi keberkahan serta kemanfaatan dari umur tersebut dapat melampaui orang yang umurnya alebih banyak.

Wallohu a’lam. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tinggalkan komentar