Doa Pagi Hari

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pagi hari setiap manusia dikaruniai begitu banyak pintu dan kita dipersilahkan untuk memasuki pintu mana saja yang baik bagi kita. pintu tersebut yang dimaksud ialah pintu untuk mencari rezeki. Pintu untuk mencari sumber penghidupan yang baik menurut agama.

Pada umumnya manusia telah merencanakan sesuatu apa yang bakal dijalaninya guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Banyak yang berkecukupan dengan rizki yang diperolehnya namun ada juga yang selalu merasa kurang dengan apa yang telah Allah SWT. berikan kepadanya.

Rizki yang diperoleh manusia pada dasarnya bukan hanya berupa uang saja. Akan tetapi segala sesuatu yang bermanfaat untuk kelangsungan hidupnya merupakan rizki dari Allah yang jarang disadari oleh manusia.

Seperti misalnya selamat dari kecelakaan, terhindar dari bahaya saat bekerja, bahkan kesehatan yang selama ini kita rasakan tanpa kita sadari dengan seksama bahwa kesehatan merupakan karunia atau rizki dari Allah yang teramat luar biasa.

Dengan kesehatan manusia dapat melakukan apa saja yang dapat menguntungkan bagi dirinya. Maka sebab itu sudah selayaknya bagi manusia untuk selalu mensyukuri nikmat sehat dan nikmat-nikmat lainnya yang jarang disadari oleh manusia.

Doa Memulai Pekerjaan

Mengingat akan begitu pentingnya nilai kesehatan bagi manusia, maka alangkah baiknya bila setiap manusia benar-benar menjaga kesehatannya. Menjaga kesehatan termasuk juga menjaga keselamatan kerja pada saat bekerja.

Bila kita bayangkan orang-orang yang bekerja di proyek bangunan atau di pabrik-pabrik yang menggunakan alat-alat besar dan tidak seluruhnya menggunakan mesin otomatis, kadang kala dijumpai alat-alat yang membutuhkan kecermatan dan kehati-hatian dalam penggunaannya.

Tujuannya tidak lain dan tidak bukan ialah untuk menjaga keselamatan dan kesehatan bagi para pekerjanya. Bila keselamatan telah diutamakan maka selanjutnya yang perlu dilakukan ialah berserah diri kepada Allah SWT.

Nah berikut ini merupakan doa pagi hari atau untuk mengawali pekerjaan. Doa tersebut merupakan bentuk sifat pasrah dari hamba kepada Tuhannya.

Doa Pagi Hari Singkat

 

اَللّهُمَّ بِكَ اَصْبَحْنَا وَبِكَ اَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Artinya: “Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu kami kembali.”

Selain doa diatas terdapat doa juga doa pagi hari lainnya yang juga diajarkan oleh Rasulullah SAW. berikut doa tersebut;

Doa Pagi hari Latin

ashbahnaa wa ashbahal mulku lillahi wal hamdulillah, lahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘ala kulli syai-in qodiir. Robbi as-aluka khoiro maa fi hadzihil lailata wa khoiro maa ba’daha, wa a’udzubika min syarri maa hadzihil lailata wa khoiro maa ba’daha. Robbi a’uudzubika min kasli wa su’li kibari. A’udzubika min ‘adzabin fin nari wa ‘adzabin fil qobri.

Terjemah Arti Doa Pagi Hari

“kami dan kuasa Allah berpagi hari. Segala puji bagi Allah. Tiada Tuhan selain Allah yang maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa dan puji. Dia kuasa atas segala sesuatu. Tuhanku, aku mohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan malam sesudahnya. Aku memohon perlindungan kepada-Mu dari kejahatan mala mini dan malam sesudahnya. Tuhanku, aku mohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan kedaifan di masa tua. Aku mohon perlindungan-Mu dari siksa neraka dan siksa kubur.”

Itulah doa pagi hari yang bisa kita amalkan sebelum beraktifitas, baik aktifitas untuk bekerja ataupun aktivitas untuk melakukan kegiatan lainnya seperti belajar atau ke sekolah atau melakukan kegiatan lain seperti kerja bakti misalnya. Doa tersebut bukan hanya untuk sebelum bekerja saja melainkan bisa kita amalkan untuk membuka pagi agar diberkahi.

Demikian yang dapat kami sampaikan, bila terdapat kesalahan dan kekurangan dengan senang hati kami menerima kritik atau saran dari segenap pembaca yang budiman, wabillahi taufiq walhidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tinggalkan komentar