Doa Nisfu Sya’ban

Assalamualaikumw arahmatullahi wabarakatuh

Umat muslim tentunya mengetahui dan tidak asing dengan yang namanya nisfu sya’ban. Nusfu sya’ban adalah separuh dari bulan sya’ban, maksudnya ialah tanggal pertengahan dari bulan sya’ban pada kalender Hijriyah.

Dalam Kalender hijriyah, yaitu kalender yang didasarkan atau dimulai dari hijrahnya Nabi Muhammad SAW. dari Makkah ke Madinah. Dalam kalender hijriyah terdapat salah satu bulan yaitu bulan sya’ban.

Di dalam bulan sya’ban biasanya umat muslim akan melakukan beberapa kegiatan sunnah seperti puasa sunnah bulan sya’ban dengan tujuan untuk melatih sehingga pada bulan Ramadhan nantinya sudah terbiasa melaksanakan puasa.

Ada juga yang membiasakan diri dengan bersedekah atau berbuat kebaikan yang tidak dilakukan seperti pada hari-hari biasanya. Bulan sya;ban ini merupakan awal dari pada masuknya bulan penuh berkah yaitu bulan ramadhan.

Artinya apa, segala bulan dalam tahun hijriah memanglah baik, akan tetapi dalam dua belas bulan pada tahun hijriyah itu terdapat beberapa bulan yang dispesialkan. Nah salah satunya ialah bulan sya’ban.

Di dalam bulan sya’ban terdapat nisfu sya’ban yang pada kehidupan umat muslim tanggal setengah atau pertengahan bulan sya’ban nantinya ada amaliah tersendiri yang diamalkan guna mendapatkan keberkahan.

Arti Bulan Sya’ban

Sya’ban artinya bulan yang penuh berkah dan kebaikan. Karena pada bulan ini Allah SWT. akan membuka pintu rahmat dan ampunan yang seluas-luasnya. Maka dari itu, pada bulan sya’ban ini dianjurkan untuk memperbanyak menjalankan ibadah sunnah seperti melaksanakan puasa sunnah.

Hal ini seperti dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. dalam sebuah hadis disebutkan yang artinya bahwa nabi SAW. lebih sering puasa sunnah di bulan sya’ban di banding pada bulan-bulan yang lainnya. (HR. Bukhari.)

Menghidupkan malam bulan sya’ban juga sangat dianjurkan, terlebih pada malam nisfu sya’ban. Yaitu malam pertengahan bulan sya’ban. Yang dimaksud menghidupkan malam yaitu memperbanyak ibadah pada malam bulan sya’ban dengn melaksanakan shalat malam dan membaca dzikir.

Keutamaan Bulan Sya’ban

Sebagaimana dihimpun dari laman NU online.or.id penulis mengutip salah satu pendapat yang dikemukakan oleh Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki yang menegaskan bahwa terdapat banyak kemuliaan di bulan sya’ban.

Baca Juga: Niat Puasa Arafah

Yaitu Allah SWT. akan mengampuni dosa bagi orang yang meminta ampunan pada malam itu, mengasihi orang yang meminta kasih, menjawab doa orang yang meminta, melapangkan penderitaan orang yang susah serta membebaskan sekelompok orang dari neraka.

Penjelasan Doa Nisfu Sya’ban

Pada malam nisfu sya’ban umat muslim dianjurkan untuk membaca doa kepada Allah SWT. dengan meminta agar dipanjangkan umur, murah rezeki serta meminta agar dijaga keimanannya. Pada malam nisfu sya’ban biasanya juga membaca yasin sebanyak tiga kali selepas shalat maghrib.

Selain membaca doa dengan init permintaan seperti disebutkan diatas, bisa juga membaca doa seperti dibawah ini:

Doa Nisfu Sya’ban Arab

Terjemah Arti Doa Nisfu Sya’ban

“wahai Tuhanku yang Maha pemberi, Engkau tidak diberi. Wahai Tuhan pemilik kebesaran dan kemuliaan. Wahai Tuhan pemberi segala kekayaan dan segala nikmat. Tiada Tuhan selain engkau, kekuatan orang-orang yang meminta pertolongan, lindungan orang-orang yang mencari perlindungan dan tempat aman orang-orang yang takut. Tuhanku, jika Engkau mencatatku di sisi-Mu pada Lauh mahfudz kecelakaan, kesialan, dan kesempitan rezekiku. Catatlah aku disisi-Mu sebagai orang yang mujur, murah rezeki, dan taufik untuk berbuat kebaikan karena Engkau telah berkata “sementara perkataan-Mu adalah benar” di kitab-Mu yang diturunkan melalui ucapan Rasul-Mu. Allah menghapuskan dan menetapkan pa yang Ia kehendaki. Di sisinya Lauh mahfudz. Semoga Alloh memberikan shalawat kepada sayyidina Muhammad SAW. dan keluarga beserta para sahabatnya. Segala puji bagi Allah SWT.”

Demikian pembahasan yang kami sampaikan terkait dengan pembahasan doa nisfu sya’ban. Terimakasih kami sampaikan kepada segenap pembaca. Kami mohon maaf atas segala kekurangan yang ada.

Wassalamualaikum warahmtullahi wabarakatuh

Tinggalkan komentar