Doa Naik Kendaraan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Berkendara sebagai sarana untuk mencapai tujuan yang jauh adalah suatu hal yang kadang membuat orang terlena, baik karena saking menikmatinya atau karena saking lelahnya sehingga mudah lupa dan tidak menjaga diri.

Hal ini sering kita jumpai mulai dari orang yang kehilangan barang bawaan, kehilangan uang, tertidur sampai kebablasan bahkan sampai ada yang mengalami kecelakaan. Itu semua memanglah bukanlah  keinginan manusia dan tidak ada yang mengetahui kapan akan terjadi.

Sebagai orang yang beriman dan memiliki akal, alangkah baiknya bila segala sesuatu yang akan kita kerjakan kita awali dengan membaca basmallah atau menyebut asma Allah SWT. sehingga bila terjadi sesuatu diluar keinginan kita, setidaknya kita masih bisa untuk bersabar dan berserah diri kepada Allah SWT.

Maka dari itu bila kita hendak bepergian alangkah baiknya untuk membaca doa terlebih dahulu, sebagaimana deoa dibawah ini bisa kita baca bila hendak meninggalkan rumah atau bepergian;

Doa diatas bermaksud memasrahkan diri kepada Allah SWT. dengan menyebut namanya sebelum bepergian dan bertawakal atau berserah diri kepada Allah. Serta meyakini dengan sepenuh hati bahwa tidak ada kekuatan selain dari Allah SWT.

Doa Naik Kendaraan

Bila hendak bepergian kita dianjurkan untuk membaca doa begitu pula ketika kita hendak menaiki kendaraan. Bila hendak menaiki kendaraan alangkah baiknya bila kita juga membaca doa, mengingat laju kendaraan yang kita tumpangi kadang melaju diatas kecepatan yang tinggi, maka kita tidak bisa melepaskan diri bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Oleh sebab itu dianjurkan untuk membaca doa naik kendaraan dengan tujuan agar bila terjadi suatu bencana setidaknya kita sudah berserah diri kepada Allah dan memohon yang terbaik kepada-Nya.

Berikut doa naik kendaraan yang bisa dibaca oleh teman-teman bila hendak menaiki kendaraan;

“Maha Suci Allah yang telah menundukkan untuk kami (kendaraan) ini. Padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-Mu kami akan kembali.”

Doa Naik Kapal

Nah bila naik kapal tentu rasanya seperti terombang-ambing ditengah lautan kan? Agar kita bisa selamat dari segala sesuatu yang tidak diinginkan, maka yang paling baik ialah membaca doa sebanyak-banyaknya, demikian doa ketika naik kapal ;

“dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar maha pengempun lagi maha penyayng.”

Amalan Dalam Berkendaraan

Dalam berkendara untuk menuju suatu tempat yang jauh tentu kita membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Waktu yang tidak sebentar selama berada dalam kendaraan itu bisa kita gunakan untuk membaca amalan-amalan tertentu. Amalan-amalan tersebut tujuannya adalah agar kita tetap mengingat Allah SWT. seraya memohon perlindungan kepada-Nya.

  1. Membaca ayat kursi sebanyak-banyaknya
  2. Membaca surat Al-Falaq dan surat an-Nas selama dalam perjalanan
  3. Membaca shalawat Nabi
  4. Membaca ayat-ayat Al-Quran yang sudah hafal,selain untuk membaca al-Quran dengan niat ibadah dan memohon perlindungan juga untuk melancarkan hafalannya.
  5. Membaca surat al-Fatihah sebanyak-banyaknya.

Hal Hal Yang perlu DiPerhatikan Saat Berkendara

Dalam menempuh perjalanan jauh dan kita menggunakan jasa angkutan umum, seperti kereta, bus, travel atau bahkan kendaraan pribadi sering kali kita menjumpai orang-orang yang lelah di tengah jalan kemudian beristirahat di suatu tempat atau rest area.

Baca Juga : Doa Kehilangan Barang

Nah dalam keadaan lelah tentu kita kurang begitu perhatian terhadap diri sendiri apalagi terhadap barang bawaan yang dibawa, maka untuk menghindari risiko yang begitu besar alangkah baiknya untuk memperhatikan hal-hal berikut ini;

  1. Membaca doa sebelum berangkat
  2. Mengecek kendaraan yang akan digunakan untuk bepergian
  3. Tidak mengenakan perhiasan yang berlebihan
  4. Tidak menampakkan barang-barang mewah yang dibawa
  5. Tidak memposting tempat tujuan yang akan dituju dengan mengunggah foto di medsos
  6. Membiasakan diri untuk istirahat bila sudah capek
  7. Lebih mementingkan keselamatan daripada sampai tujuan
  8. Bila membawa mobil gunakan sopir cadangan agar tidak kelelahan
  9. Minumlah obat yang dapat menjaga stamina selama dalam perjalanan
  10. Perhatikan rambu-rambu jalan

Itulah beberapa hal yang dapat teman-teman praktekan dan doa yang bisa teman-teman baca bila hendak bepergian. Semoga kita semua termasukorang-orang yang terjaga dari mara bahaya kapanpun dan dimanapun.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

2 pemikiran pada “Doa Naik Kendaraan”

Tinggalkan komentar