Doa Menjenguk Orang Sakit

Asslamau’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam sejahtera untuk kita semuanya, puji syukur mari kita panjatkan kehadirat Allah SWT, semoga kita selalu dalam lindungan-Nya. Amin ya rabbal’alamin. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita baginda nabi agung Muhammad saw.

Baca Juga : Doa Minta Rezeki

Manusia sebagai makhluk sosial selamanya selalu membutuhkan bantuan orang lain dalam bentuk apapun. Oleh karena itu dalam hubungan sesama manusia tentu sering kali dijumpai adanya hubungan timbal balik antara kedua belah pihak.Sebagai bentuk keharmonisan.

kehidupan bermasyarakat dan bertetangga misalnya tentu kita tidak bisa berpaling dari kondisi sosial yang ada. Sebagai contoh bila tetangga kita ada yang sakit atau tertimpa musibah maka naluri akan mengajak untuk ikut bersimpati terhadap orang yang sedang tertimpa musibah.

Selain itu menjenguk orang yang sedang sakit atau sedang tertimpa musibah merupakan salah satu kewajiban terhadap tetangga.Menjenguk orang sakit atau yang sedang tertimpa musibah juga amal ibadah yang mendapat nilai pahala yang begitu besar disisi Allah SWT. Berkaitan dengan menjenguk orang sakit Rosululloh saw berabda: 

 Ketika sedang menjenguk orang yang sakit atau tertimpa musibah sangat dianjurkan untuk menghiburnya dengan kata-kata yang menyejukkan dan menyenangkan. Tidak diperbolehkan menakut-nakuti misalnya dengan menyebutkan akan bahaya penyakitnya dengan ucapan yang dilebih-lebihkan atau membicarakan besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk berobat dan lain sebagainya. Maka sebaiknya jika tidak bisa menjaga ucapan alangkah lebih baik diam dan mendoakan saja.Atau berkata secukupnya tetapi dapat memotivasi untuk tetap berusaha berobat hingga sembuh.

لاَ بَأْسَ طَهُورٌ اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Atau mendoakannya

أَسْأَلُ اللَّهَ العَظِيمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

“Aku memohon kepada Allah Yang Maha Agung, agar menyembuhkan penyakitmu.” (HR. at-Tirmidzi, dan Abu Daud)

Doa Untuk Orang Sakit

Sebagai sesama manusia yang memiliki sifat peduli atau simpati terhadap manusia lain tentu bila berkunjung ke saudara kita yang sedang tertimpa musibah kita tidak hanya sekedar duduk atau ngobrol saja, melainkan ada tuntutan naluri yang harus kita lakukan yaitu mendoakan orang yang sedang tertimpa musibah atau sedang sakit tersebut.

Baca Juga : Cerita Anak Islam

Tujuannya adalah agar orang yang sedang sakit atau tertimpa musibah tersebut merasa dipedulikan oleh saudaranya sehingga dapat menghadirkan rasa yang aman.Bila pikiran atau hatinya merasa aman dan terlindungi, merasa ada yang memperhatikan maka kesembuhan orang tersebut diharapkan lekas membaik.

Begitu pula bila kita mendatangi saudara yang sedang sakit, kita tidak diperbolehkan untuk membicarakan kemungkinan-kemungkinan bahaya yang dapat timbul sebab sakit yang sedang dideritanya.Justru sebaliknya kita dianjurkan untuk menyampaikan berita atau kabar yang baik serta menghibur hatinya agar merasa senang dan bahagia sehingga tidak menambah tekanan batin bagi sipenderita.

Berikut ini kami tuliskan doa ketika menjenguk orang sakit baik di rumah skit atau di rumah keluarganya. Semoga dapat doa tersebut dapat kita amalkan bersama-sama; berikut doanya: 

  ada begitu banyak hadist atau ayat al-qur’an yang menerangkan anjuran untuk menjenguk orang sakit.

 Begitu mulia dan besar akan fadhilah atau keutamaan bagi orang yang menjenguk saudaranya atau tetangganya atau bahkan orang lain yang sedang sakit atau sedang tertimpa musibah. Berikut kami tuliskan beberapa fadhilah atau keutamaan menjenguk atau mengunjungi orang yang sedang sakit atau tertimpa musibah

Fadhilah atau Keutamaan Menjenguk Orang Sakit

 1. Kebun di Surga

Terdapat sebuah hadits yang diriwayatkan oleh imam Muslim, hadits tersebut mengandung maksud, bila seseorang menjenguk orang yang sedang sakit maka orang tersebut akan dibangunkan syurga hingga orang tersebut kembali.

Melalui terjemahan hadits diatas dapat kita simpulkan jika kita menjenguk orang yang sedang sakit maka akan memperoleh pahala yang begitu banyak seperti orang yang sedang ada di kebun di syurga yang sedang memetik hasil buah di dalam surga.

2. Membuahkan Pahala Dari Allah SWT

Para ulama telah memberi penjelasan kemuliaan dan juga keutamaan dari seseorang  yang sedang menjenguk saudaranya yang sedang sakit dan siapa yang menjenguk saudara mereka yang sedang sakit maka akan memperoleh pahala yang berkelimpahan di sisi Allah subhanahu wa ta’ala.

3. Memperoleh Doa Dari Malaikat

Baca Juga : Doa Sehari Hari

Terdapat sebuah riwayat hadits yang menerangkan bahwa bila seseorang menjenguk saudaranya yang skit maka ia akan memperoleh doa dari malaikat yaitu malaikat akan membacakan  sholawat untuknya.

Bila orang yang menjenguk datang pada waktu pagi hari maka sejumlah tujuh puluh ribu malaikat akan membacakan sholawat untuknya hingga sore hari, bila yang yang menjenguk datang pada waktu sore hari maka malaikat dengan jumlah tujuh puluh ribu akan membacakan sholawat untuknya hingga pagi hari hari.

5. Menjadikan Lebih Bersyukur

Tanpa kita sadari  Kita sebagai manusia seringkali tidak bersyukur dengan kesehatan yang sudah Allah berikan untuk kita dan beranggapan jika kesehatan adalah hak kita seperti tidak ada yang mengatur sehat atau sakit. Maka ingatlah salah satu dari lima hal sebelum lima hal. Yait sehat sebelum sakit.

Sehat yang terkandung di dalam tubuh kita merupakan anugerah yang sangat mahal bila kita hitung dengan nilai nominal.Betapa tidak demikian, faktanya seringkali kita menjumpai orang mengeluarkan uang sebegitu banyak hanya untuk menyembuhkan penyakit yang sedang dideritanya.

Baca Juga : Doa Sholat Dhuha

Maka dari itu sehat merupakan suatu mahkota bagi hidup seseorang.Akan tetapi mahkota tersebut tidak ada yang dapat melihat kecuali bagi mereka yang sedang sakit atau menderita.Karena itulah pada saat kita menjenguk orang sakit kita dapat lebih memperbanyak rasa syukur atas rahmat Allah yang sudah memberikan kesehatan untuk kita.

6. Mengingatkan Pada Akhirat

Bila kita sedang sehat tentu kita sering kali lalai akan kewajiban kita terhadap Allah SWT. Akan tetapi bila kita menyaksikan saudara kita yang sedang sakit bahkan sampai terolek tidak berdaya kita akan merasa takut jika kita bisa saja mengalami hal yang sama.

Oleh sebab itu saat kita menjenguk orang yang sedang sakit sepontan kita langsung teringat oleh akhirat dan kewajiban-kewajiban kita kepada Allah SWT.Maka bersyukurlah bila kita masih diberi kesempatan sehat.Sehingga masih banyak waktu untuk memperbaiki segalanya.

7. Jaminan kebaikan Allah SWT

Terdapat sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muadz bin Jabal Ra.  Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam bersabda: lima perkara yang barangsiapa melakukan salah satu darinya maka akan mendapatkan jaminan (kebaikan) dari Allah SWT barangsiapa yang menjenguk orang sakit. (HR. Ahmaddan  Thabrani).

Itulah terjemah hadits yang menerangkan bahwa bila kita menjenguk saudara kita yang sedang sakit maka Allah SWT akan menjamin kebaikan bagi kita. Sungguh luar biasa fadhilahnya bukan? Bukan hanya bagi yang sedang sakit namun bagi yang sehat pun akan mendapat kebaikan pula.

8. Mendapat Banyak Rahmat

Diriwayatkan dari sayyidina Ali rodhiyallohu ‘anhu berkata: aku mendengar Rosululloh saw bersabda: Apabila seseorang menjenguk saudaranya yang muslim (yang sedang sakit), maka dia berjalan di (tempat) pemetikan buah-buahan Surga sampai dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan sangat banyak. .

Itulah salah satu dari sekian banyak hadits yang menerangkan tentang keutamaan berkunjung atau menjenguk saudaranya sang sakit. Bagi seseorang yang menjenguk saudara yang sedang sakit maka baginya seperti orang yang sedang berjalan di tempat pemetikan buah-buahan di surga.

Baca Juga : Doa Orang Hamil

Maksud dari pada hadits di atas adalah bagi orang yang menjenguk saudaranya yang sakit maka akan mendapatkan rahmat dari Allah SWT yang sangat banyak.

9. Dilancarkan Urusannya di Dunia

Keutamaan atau fadhilah dari menjenguk orang yang sedang sakit selanjutnya adalah akan dilapangkan atau digampangkan urusannya di dunia. Terdapat salah satu hadits yang menerangkan bahwa bila seseorang menjenguk saudaranya yang sakit maka baginya akan dilapangkan urusannya di dunia.

di dunia ini semua umat muslim tentunya sangat ingin segala sesuatu urusan di dunia bisa selalu berjalan dengan lancar. hal Ini bisa kita dapatkan disaat kita menjenguk sesama muslim yang sedang sakit. Semua urusan kita akan semakin dipermudah oleh Allah SWT sekaligus mendapatkan jaminan tempat di surga.

10. Amaliah Penduduk Surga

Dari terjemah hadits diatas yang diriwayatkan oleh Abu Sa’id Al-Khudri Ra. Dapat kita pahami bersama bahwasanya bila kita mengunjungi atau menziarahi saudara kita yang sedang sakit maka kita dicatat sebagai penghuni syurga terlebih lagi bila kita barengi dengan berpuasa sunnah.

Rasanya sangat disayangkan sekali yah, bila saudara kita terdapat yang sakit akan tetapi kita tidak menyempatkan diri untuk berkunjung atau menjenguknya. Mengingat hal tersebut merupakan hal yang ringan untuk kita lakukan.Terlebih lagi bila rumahnya tidak begitu jauh dari tempat tinggal kita.

11. Berada Dalam Lindungan Dan Rahmat Allah SWT

Mengingat pahalanya yang begitu besar maka alangkah baiknya bila kita menjumpai saudara kita yang sedang sakit atau tertimpa musibah, maka jenguklah ia agar kita bisa memperoleh rahmat yang Allah berikan di saat menjenguk orang yang sedang sakit.

Dengan beberapa keutamaan menjenguk orang sakit seperti yang dibahas pada beberapa hadits diatas, maka dapat kita ambil kesimpulan bahwa sudah selayaknya bagi kita untuk tidak mengabaikan menjenguk saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah atau sedang sakit.

Demikian semoga dapat memberikan manfaat dan keberkahan bagi kita semuanya.Amin. Semoga kita termasuk dari golongan orang-orang yang diridhoi Alloh SWT, apa yang menjadi harapan dan cita-cita kita semuanya dikabulkan oleh Alloh SWT dan kita semua dalam menjalani aktifitas kehidupan sehari-hari semoga selalu dijauhkan dari mara bahaya dan selalu dalam lindungan Alloh SWT. Akhirul kalam wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Satu pemikiran pada “Doa Menjenguk Orang Sakit”

Tinggalkan komentar