Doa Masuk Rumah

Assalamualikum warahmatullahi wabarakatuh

Rumah merupakan surga bagi penghuninya selama di dunia. semakin baik rumah yang kita huni maka akan semakin tentram pula keadaan penghuninya. Ketentraman dalam rumah biasanya terpengaruh oleh sikap atau perlakuan penghuni terhadap rumah tersebut.

Rumah yang kita huni sejatinya akan sangat berpengaruh terhadap kejiwaan penghuninya. Baik dan buruknya sikap seseorang biasanya juga terpengaruh oleh keadaan di dalam rumah. rumah yang berantakan misalnya, tidak memiliki tata ruang yang bagus, tidak terawat, serta barang-barang yang berantakan akan sangat berpengaruh terhadap pikiran penghuninya.

Rumah dengan keadaan seperti di atas yang begitu berantakan biasanya akan berpengaruh negative terhadap perkembangan anak, baik perkembangan dalam arti pertumbuhan secara fisik ataupun perkembangan dalam arti pesikologis.

Pola piker anak biasanya tidak secerah atau tidak seceria anak-anak yang lain yang hidup dalam rumah memiliki tata ruang yang baik. Hal demikian bukan berarti harus memiliki rumah yang bagus, akan tetapi susana rumahlah yang harus dijaga.

Bila rumah dengan kondisi kurang baik akan berpengaruh negatif terhadap penghuninya, berbeda dengan rumah yang memiliki tata ruang yang bagus. Sekali kami katakana tata ruang yang bagus itu bukan berarti harus rumah yang mewah.

Akan tetapi rumah yang terawat, baik kebersihan, tata letak barang-barangnya ataupun suasana yang tercipta di dalam rumah tersebut. Rumah yang terjaga kebersihannya, tertata barang-barangnya, cenderung akan memberi kesan damai atau positif  bagi penghuninya.

Hal tersebut dapat dibuktikan bila kita memasuki gudang tentu akan merasakan aura yang kurang nyaman baik di pikiran ataupun pada hati kita. akan tetapi bila kita memasuki rumah yang bersih, tertata ruangannya. Maka kesan damai dan tentram akan segera muncul pada hati dan pikiran kita.

Nah berkaitan dengan ketentraman dan keberkahan seisi rumah, rasanya tidak cukup bila hanya memperhatikan kondisi eksterior dan interiornya saja. Bukan hanya tata letak ruangan dan kebersihan saja.

Melainkan terdapat usaha bathiniyah yang harus dilakukan oleh para penghuninya agar rumah yang didiami menjadi rumah yang mendamaikan. Sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Rasulullah SAW. mengajarkan kepada seluruh umatnya agar senantiasa mengucapkan salam bila hendak memasuki rumah. Meskipun rumah tersebut dalam keadaan kosong kita juga tetap di sunahkan untuk mengucapkan salam.

Kenapa demikian, sebab di tempat-tempat seperti rumah misalnya, meskipun tidak ada orang di dalamnya kan tetapi biasanya terdapat makhluk Allah SWT. yang lainnya yang menjadi penghuni. Meskipun bukan berupa makhluk yang jahat atau membahayakan.

Penjelasan Doa Masuk Rumah

Ketika memasuki rumah dianjurkan untuk mengucapkan salam agar mendapat keberkahan, baik keberkahan untuk dirinya ataupun untuk seluruh keluarganya. Selain mengucapkan salam ketika memasuki rumah disunnahkan pula untuk membaca doa berikut ini;

Doa Masuk Rumah Arab

Terjemah Arti Doa Masuk Rumah

“Duhai Allah, aku memohon sebaik-baik tempat masuk dan sebaik-baik tempat keluar. Atas nama-Mu kami masuk dan atas nama-Mu kami keluardan kepada Allah, Tuhan kamilah kami bertawakkal”

Doa Masuk Rumah Pendek

Selain doa di atas terdapat doa lain yang lebih singkat dan lebih mudah untuk kita amalkan bila hendak memasuki rumah. Berikut bunyi dari doa tersebut;

Assalamu’alaiaa wa’ala ibaadillahis sholihiin

Terjemah Arti Doa Masuk Rumah Pendek

“Semoga Allah melimpahkan kesejahteraan kepada Kami dan kepada hamba-hamba-Nya yang shalih.”

Nah doa diatas merupakan ucapan salam yang bila kita telusuri lebih dalam maknanya, pada kalimat diatas terdapat lafadz dengan makna “kepada hamba-hamba-Nya yang shalih” nah hamba Allah yang shalih bukanlah manusia saja melainkan dari bangsa jin juga banyak yang beriman dan menjadi jin yang shalih seperti halnya manusia.

Baca Juga: Doa Keluar Rumah

Demikianlah pembahasan yang dapat kami sampaikan berkaitan dengan doa masuk rumah. Semoga doa tersebut bisa kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga senantiasa kita dijadikan sebagai orang-orang yang beriman dan menjadi orang yang shalih. Amin ya rabbal alamin.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tinggalkan komentar