DOA MASUK KAMAR MANDI

Doa Masuk Kamar Mandi (WC)

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Kamar mandi atau wc merupakan tempat yang kotor. Tempat yang apabila tidak benar-benar dijaga kebersihannya maka suasana kumuh dan jorok akan sangat akrab dengannya. Sehingga orang yang mendengar namanya cenderung akan merasa jijik.

Akan tetapi semakin berkembangnya zaman dan teknologi, maka kamar mandi tidak lagi tercermin dengan kekumuhan atau jijik bila memasukinya. Sebab banyak sekali kamar mandi yang di desain dengan berbagai macam warna dan model.

Sebut saja tempat buang air besar yang terdapat pada hotel-hotel berbintang atau super market biasanya di tempat seperti itu kamar mandi yang terdapat di dalamnya bukanlah kamar mandi yang jorok.

Seperti apapun bentuk dan keadaan kamar mandi, kita sebaiknya tetaplah memiliki adab atau tatakrama ketika hendak memasuki kamar mandi. Terlebih lagi dalam ajaran islam, manusia diajarkan untuk benar-benar menjaga kebersihan.

Bahkan terdapat dalam sebuah hadits yang mengatakan bahwa “kebersihan sebagian dari iman”. Maka betapapun memasuki kamar mandi merupakan hal yang setiap hari dilakukan oleh manusia, maka alangkah baiknya bila kita tetap menjaga etika.

Baca Juga : Doa Sehari Hari

Para ulama banyak yang menjelaskan tentang adab ketika seseorang hendak memasuki kamar mandi. Tujuan dari pada tingkah laku demikian ini tidak lain karena kamar mandi merupakan tempat yang kotor, jelas karena tempat tersebut merupakan tempat orang membuang segala bentuk kotoran dari dirinya.

Maka bangsa jin dan syaitan yang tidak baik sangat senang menghuni tempat tersebut, sehingga bagi orang yang hendak memasuki kamar mandi dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu guna meharap perlindungan dari Alloh agar dijaga dari segala bentuk godaan.

Doa Masuk Kamar Mandi

Berikut ini doa yang dapat dibacakan ketika hendak masuk kamar mandi, jadi doa tersebut bukan di baca di dalam kamar mandi melainkan dibaca di depan pintu kamar mandi.

Doa Masuk Kamar Mandi Latin

Bismillahi a’uudzu billaahi minar rijsin najsiil khobiitsin nukhbitsisy syaithoonir rojiim

Terjemah Arti Doa Masuk Kamar Mandi

“dengan menyebut nama Alloh, aku berlindung dari kotoran yang menjijikan dan keburukan yang menjatuhkan manusia dalam keburukan yaitu syaitan yang terkutuk.”

DOA KELUAR KAMAR MANDI

Nah, bila hendak masuk kita dianjurkan untuk membaca doa masuk kamar mandi, maka ketika hendak keluar kamar mandi pun kita dianjurkan untuk membaca doa keluar dari kamar mandi. Akan tetapi membaca doa tersebut dibaca di dalam hati saja, karena membacanya masih berada di dalam kamar mandi. Berikut doa keluar kamar mandi.

Doa Keluar Kamar Mandi Latin

Ghufroonaka aljamdulillaahil ladziy adzhaba ‘anniy maa yuadzdziniy wa abqo fiimaa yanfauniy

Terjemah Arti Doa Keluar Kamar Mandi Latin

“aku memohon ampunan kepadamu ya Alloh dengan sifat maha pengampunmu. Segala puji hanya milik Alloh yang telah menghilangkan segala sesuatu yang berbahaya dariku dan menyisakan apa yang bermanfaat bagiku.”

Selain membaca kedua doa tersebut sebenarnya juga ditekankan bagi setiap orang yang hendak membuang hajat untuk memperhatikan adab atau tatakrama dalam membuang hajatnya. Berikut adab atau tata karma dalam berhajat.

Baca Juga : Doa Bangun Tidur

Adab Buang Air (Air Besar Atau Air Kecil)

  1. Mendahulukan kaki kiri ketika hendak masuk kamar mandi dan mendahulukan kaki kanan ketika keluar dari kamar mandi
  2. Tidak membawa sesuatu yang didalamnya mengandung asma Alloh
  3. Hendaknya masuk kamar mandi dengan menggunakan penutup kepala dan menggunakan alas kaki
  4. Membaca doa ketika hendak masuk kamar mandi
  5. Membaca doa ketika hendak keluar kamar mandi
  6. Hendaknya menyediakan (membawa) tiga batu sebagai alat istinja sebelum menggunakan air (hanya menggunakan air juga sudah cukup)
  7. Tidak melakukan istinja (cebok) di dalam tempat air (bak mandi/ember)
  8. Menuntaskan buang air kecil dengan berdehem sebanyak tiga kali dan mengurut atau memijit-mijit kemaluan hingga tiga kali guna memastikan semua kotoran sudah keluar semua
  9. Menggunakan tangan kiri untuk membersihkan kotoran dan menggunakan tangan kanan untuk menyiramkan air.

Itulah keterangan yang kami sampaikan berkenaan dengan pembahasan doa sebelum masuk kamar mandi dan beberapa tata karma yagn dapat kita amalkan.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tinggalkan komentar