Doa Malam Pertama

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Pernikahan merupakan sesuatu yang yang akan dilakukan setiap manusia, tidak asal-asalan mengucapkan janji setia di depan penghulu. Pernikahan lazimnya ialah untuk menjalankan sunnah rasul dalam rangka mencari ridha Allah SWT.

Maka pernikahan digelar berdasarkan tatacara menurut agama yang sah. Artinya seseorang yang melangsungkan pernikahan tidak semata-mata hanya karena ingin melakukan hubungan badan yang sah saja, tetapi terdapat niat suci yang akan dilaksanakan selama hidupnya bersama sang pujaan hatinya.

Baca Juga : Doa Agar Rezekinya Lancar

Sebagai muslim yang baik tentunya tidak menjadikan pernikahan sebagai media untuk urusan kenikmatan dunia saja, terlebih lagi bagi suami baginya terdapat beban moral yang harus diemban selama hidupnya.

Artinya apa, bahwa setelah pernikahan lazimnya memang memiliki keturunan, akan tetapi dalam rangka memperbaiki keturunan tersebut pasangan suami istri tidaklah hanya sekedar melakukan hubungan badan saja, melainkan harus memperhatikan beberapa hal yang dapat menjadikan keturunannya menjadi anak yang sholeh dan shalehah.

Doa Agar di Beri Anak Shaleh

Menjadi orang tua dari anak-anaknya merupakan hal yang membahagiakan, terlebih lagi bila anak-anak yang diasuh tumbuh menjadi pribadi yang baik, penurut kepada orang tua, berprestasi dan menjadi anak yang shaleh atau shalehah. Berikut ini terdapat doa yang bisa dibaca setelah shalat fardhu agar diberi anak yang shaleh;

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّا تِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Rabbana hab lana min azwaajina wa dzurriyyatina qurrota a’yunin waj’alnaa lilmuttaqiina imaman

Penjelasan Doa Malam Pertama

Bagi yang sudah menikah tentunya menginginkan untuk segera melakukan hubungan malam pertama, akan tetapi sebelum melakukan malam pertama alangkah baiknya bila sebelum menjalankan hubungan tersebut pasangan suami istri bersama-sama membaca doa malam Pertama terlebih dahulu;

بَارَكَ اللهُ لِكُلِّ وَاحِدٍ مِنَّا فِي صَاحِبِهِ

Doa Malam Pertama Latin

Barakallahu likulli wahidin minnaa fii shahibihi

Artinya: “semoga Allah memberkahi setiap kita”

Sebelum melakukan hubungan suami istri pada malam pertama, dianjurkan untuk membaca basmallah terlebih dahulu dan sang suami mengusap rambut bagian depan istrinya. Doa di atas dibacakan ketika pertama kali berjumpa dengan sang istri di kamar pengantin.

Setelah membaca doa diatas sang suami dianjurkan untuk membaca doa sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, sebagai berikut;

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرِهاَ وَخَيْرِمَا جَبَلْتَهَا عَلَيهِ، وَأَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّمَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

Allahumma inni as-aluka khoiriha wa khoirima jabaltaha ‘alaih, wa a’udzubika min syarriha wa syarrima jabaltaha ‘alaih

Doa diatas tersebut merupakan doa yang diriwayatkan oleh Abu Daud, Ibnu Majjah, Ibnu Suni dan perawi lainnya dari Amr bin Syuaib dari ayahnya, dari kakeknya, dari Rasulullah SAW.

Jadi mengenai keautentikan hadis di atas tidak perlu diragukan lagi kebenarannya. Semoga kita termasuk orang yang diberi kekuatan serta kemampuan untuk selalu menjalankan sunah-sunah Rasulullah SAW. dalam keadaan apapun dan dimanapun. Amin ya rabbal ‘alamin.

Baca Juga : Doa Sholat Tahajud

Demikianlah beberapa doa yang kami sajikan melalui tulisan ini. Semoga kita diberikan keluarga dan keturunan yang menggembirakan hati dan termasuk orang-orang yang bertaqwa kepada Allah SWT. Semoga kita diberikan akhir baik dalam menjalankan segala macam aktifitas. Amin ya rabbal ‘alamin.

Mohon maaf bila terdapat kekeliruan atau ketidak jelasan dalam memberikan keterangan pada penjelasan diatas. Wabillahi taufiq wal hidayah wassalamualaikum warahmatulllahi wabarakatuh.

Tinggalkan komentar