Doa Ketika Mimpi Buruk

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Shobat sekalian pasti pernahkan mendapat mimpi buruk ketika tidur? Mimpi buruk memang bukan sesuatu yang mematikan, akan tetapi bagi siapa saja yang sedang mengalami mimpi buruk tentu rasanya ingin cepat-cepat keluar dari mimpi tersebut.

Mimpi buruk terjadi disebabkan oleh beberapa sebab, karena tidak berdoa sebelum tidur, karena diganggu oleh jin, atau bahkan karena ada halusinasi dari orang tersebut yang terjadi sebelum tidur dan karena dipikirkan terus akhirnya halusinasi tersebut terbawa ke alam mimpi.

Baca Juga : Doa Keselamatan

Tetapi dari semua itu, mimpi biasanya terjadi dengan sendirinya bukan karena adanya rekayasa. Tetapi yang paling sering terjadi mimpi buruk biasanya terjadi manakala seseorang tidur tidak diawali dengan membaca doa terlebih dahulu.

Di dalam Islam, orang yang sedang dalam keadaan tidur diibaratkan seperti orang yang meninggal, karena pada saat orang tertidur maka ruh dari orang tersebut keluar meninggalkan jasadnya dan akan kembali lagi menekala orang tersebut bangun.

Amalan Sebelum Tidur

Agar terhindar dari mimpi yang buruk, mimpi yang kadang menakutkan untuk tidur lagi, maka alangkah baiknya bila kita membaca doa sebelum tidur. Tujuannya adalah untuk menghindarkan diri dari segala sesuatu yang tidak menyenangkan.

Baca Juga : Doa Sehari Hari

Mimpi buruk memanglah cuma mimpi belaka bukan di alam nyata, akan tetapi bila kejadian dalam mimpi tersebut begitu mengerikan dan tetap membekas pada ingatan maka tidak menutup kemungkinan akan mengganggu kejiwaan orang tersebut.

Jadi sebelum tidur sangat baik sekali bila kita membaca doa atau amalan-amalan tertentu agar terhindar dari suatu bahaya yang mengancam kita ketika tidur. Karena orang jahat bisa saja ingin mencelakai kita dengan cara yang ghoib. Berikut doa-doa yang bisa dibaca sebelum tidur:

  1. Berwudhu sebelum tidur, berwudhu sebelum tidur bukan berarti malah menghilangkan kantuk, akan tetapi setelah wudhu bisa dikeringkan dengan handuk sisa air wudhunya, sehingga ketika tidur air wudhu tersebut sudah mongering.
  2. Membaca doa sebelum tidur, doa sebelum tidur sudah kami bahas pada judul yang lain, jadi tidak kami bahas disini. Membaca doa sebelum tidur bisa langsung membaca doa sebelum tidur yang sudah umum atau menambah dengan doa-doa lain yang kita tentukan sendiri.
  3. Membaca surat al-Falaq dan surat an-Nas, salah satu keutamaan dari kedua surat tersebut ialah untuk menjauhkan makhluk-makhluk ghoib yang ingin jahat kepada kita.
  4. Membaca ayat kursi, ayat kursi juga memiliki keutamaan yang salah satunya ialah untuk menjaga diri kita dari gangguan makhluk-makhluk yang jahat.
  5. Membaca basmallah sebanyak-banyaknya, setelah membaca doa sebelum tidur, bisa juga langsung disambung dengan membaca basmallah sebayak-banyaknya hingga tertidur.

Doa Ketika Mimpi Buruk

Rasulullah SAW bersabda melalui sebuah hadis, barang siapa yang terkejut dan terbangun dari tidur sebab mengalami mimpi buruk, maka hendaknya ia membaca doa sebagai berikut;

Bacaan Doa Mimpi buruk Latin

Huwallohu, Allohu robbiy laa syariikalahu a’udzubikalimatillahit tammati min ghodhobi wa min hamazatisy syayaathiini wa ayyahdhuruna

Arti Doa Mimpi Buruk

“Dialah Allah, Allah Tuhanku, tiada sekutu bagi-Nya, aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan para hamba-Nya, dan dari godaan syaitan. Aku berlindung dari kepungan syaitan-syaitan tersebut.”

Itulah beberapa amalan atau doa yang bisa kita baca manakala mendapati mimpi buruk. Doa tersebut biasanya dibaca manakala kita terbangun dari mimpi buruk. Semoga kita semua dihindarkan dari bahaya-bahaya yang mengancam kita saat sedang tidur. Amin ya rabbal ‘alamin.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tinggalkan komentar