Doa Ketika Mendengar Petir

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Petir merupakan simbol dari listrik alam. Gejala alam berupa petir ini dapat dianalogikan sebagai sebuah kondensator raksasa. Dalam kasus ini lempeng pertama adalah awan yang berposisi sebagai lempeng negatif maupun positif.

Lempeng yang kedua adalah Bumi yang dianggap sebagai lempeng netral. seperti yang kita pahami bersama bahwa kapasitor merupakan sebuah komponen pasif pada sebuah rangkaian listrik yang bisa menyimpan energi sesaat.

Terjadinya petir tidak hanya awan ke bumi saja, namun petir juga bisa terjadi antara awan dengan awan. Hal ini bisa terjadi apabila ada salah satu awan bermuatan listrik negatif dan awan lainnya bermuatan listrik positif.

Sebelum membahas mengenai doa ketika mendengar petir ada baiknya bila kita sedikit membahas bagaimana dampak yang ditimbulkan dari adanya petir.

Dampak dari Terjadinya Petir

Petir merupakan gejala alam yang banyak ditakuti, terutama bagi anak- anak kecil. Selain kilatan cahaya yang menegangkan dan suara menggelegar yang membuat kaget, faktanya petir juga memberikan dampak luar biasa.

Bahkan terdapat beberapa kejadian yang mengakibatkan seseorang meninggal karena tersambar petir.

Petir mempunyai banyak dampak negatif yang dapat ditimbulkan karenanya. Nah beberapa efek dari sambaran petir antara lain sebagai berikut:

Efek Arus Listrik

Petir bisa menimbulkan efek listrik pada manusia. Ketika arus petir melalui kabel penyalur menuju resistansi elektroda bumi instalasi penangkal petir, maka akan menimbulkan tegangan jatuh resistif.

Arus petir juga akan mengakibatkan timbulnya tegangan yang tinggi disekitar elektroda bumi sehingga sangat berbahaya bagi makhluk hidup.

Efek Tegangan Tembus – Samping

Titik sambaran petir pada sistem proteksi petir bisa mempunyai tegangan yang lebih tinggi kepada unsur logam didekatnya, hal ini bisa mendatangkan resiko tegangan tembus dari sistem proteksi petir yang telah terpasang menuju struktur logam lainnya.

Efek tegangan tembus ini dapat mengakibatkan resiko yang sangat berbahaya pada isi dan juga kerangka struktur perangkat bangunan.

Efek Thermal

Sambaran petir juga mengakibatkan efek thermal. Efek thermal pelepasan muatan petir terbatas pada kenaikan temperatur konduktor yang dilalui oleh arus petir yang besar, waktunya terjadinya sangat singkat dan pengaruhnya pada sistem proteksi petir juga diabaikan.

Selain dampak-dampak negatif di atas, masih ada lagi dampak lainnya yang langsung dapat dirasakan manusia. Beberapa dampak dari sambaran petir yang bisa dirasakan antara lain sebagai berikut:

  • Menimbulkan konsleting listrik
  • Menimbulkan kebakaran
  • Mengganggu sistem komunikasi

Nah setelah mengetahui beberapa dampak yang dapat ditimbulkan oleh petir rasanya cukup menakutkan ya? Maka dari itu sangat dianjurkan bagi umat muslim untuk membaca doa bila mendengar petir.

Berikut beberapa doa yang dapat dibaca ketika mendengar petir;

Doa Mendengar Petir

Terdapat kisah yang menceritakan salah satu sahabat nabi, apabila Abdullah bin Az-Zubair mendengar petir, maka dia menghentikan pembicaraan, kemudian mengucapkan doa sebagai berikut;

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمِدِهِ وَالْمَلاَئِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ

Doa Mendengar Petir Latin Dan Artinya

Subhaanalladzi yusabbihur ra’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatihi

“Maha Suci Allah yang halilintar bertasbih dengan memujiNya, begitu juga para malaikat, karena takut kepadaNya”

Doa Mendengar Petir Singkat

Selain doa diatas terdapat juga doa mendengar petir lainnya yang lebih singkat, doa tersebut sama-sama datang dari shahabat Nabi SAW.

Doa ini berasal sahabat nabi yang bernama Ibnu ‘Abbas radhiallahu. ‘Ikrimah mengatakan bahwasanya Ibnu ‘Abbas radhiallahu ‘anhuma ketika mendengar suara petir, beliau mengucapkan doa berikut ini;

سُبْحَانَالَّذِي سَبَّحَتْ لَهُ

“ Maha suci Allah yang petir bertasbih kepada-Nya”

Doa Mendengar Petir Latin

‘Subhanalladzi sabbahat lahu’

“ Maha suci Allah yang petir bertasbih kepada-Nya”

Doa Nabi Mendengar Petir

Dalam kitab al-Muwaththa’ melalui sanad yang shahih disebutkan, bahwasanya tatkala mendengar guruh atau halilintar, Rasulullah saw. menghentikan pembicaraan kemudian mengucapkan doa di bawah ini:

 سُبْحانَ الَّذي يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالمَلائِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ

Doa Nabi Mendengar Petir Latin dan Artinya

Subhaanal-ladzii yusabbihur ra‘du bihamdihi walmalaa-ikatu min khiifatihi

Artinya: “Mahasuci (Allah) Dzat yang guruh itu bertasbih dengan memuji-Nya, (demikian pula) para malaikat karena takut kepada-Nya.”

Dalam riwayat lain juga disebutkan akan tetapi dengan sanad yang dla‘if (lemah), doa lain yang diucapkan oleh Rasulullah saw. saat mendengar guruh adalah:

 اللَّهُمَّ لا تَقْتُلْنا بِغَضَبِكَ ولا تُهْلِكْنا بِعَذَابِكَ وَعافِنا قَبْلَ ذلكَ

Doa Nabi Ketika Mendengar Guruh Latin dan Artinya

Allahumma lâ taqtulnaa bighadlabika walaa tuhliknaa bi‘adzaabika wa ‘aafina qabla dzaalika

Artinya: “Ya Allah, jangan Kau bunuh diri kami dengan murka-Mu, dan jangan Kau rusak diri kami dengan siksa-Mu, dan maafkanlah kami sebelum semua itu.”

Kedua doa dari nabi di atas sunnah untuk diamalkan tatkala kita mendengar guruh atau halilintar. Meskipun pada doa yang kedua terdapat sanad yang dhoif akan tetapi tetap memiliki kesunahan untuk diamalkan.

Demikian beberapa doa yang dapat dibaca ketika mendengar petir tatkala hujan turun. Semoga bermanfaat dan kita termasuk orang-orang yang terhindar dari bahaya. Amiin ya rabbal ‘alamin.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tinggalkan komentar