Doa Kemudahan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Kemudahan dan kesulitan merupakan dua hal yang selalu menghampiri kehidupan manusia. Tidak hanya kemudahan saja yang akan dirasakan oleh manusia, melainkan kesulitan pun tentunya akan datang kepada setiap manusia.

Rata-rata manusia akan merasa begitu bahagia bila kemudahan sedang menyertai dirinya. Akan tetapi saat kesulitan yang sedang menerpanya kadang manusia suka berbuat sesuatu yang diluar kemampuannya hanya untuk segera terhindar dari kesulitan tersebut.

Baca Juga : Doa Minta Rezeki

Oleh sebab itu sebagai orang yang beriman alangkah baiknya untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sehingga bila kesulitan sedang ada pada diri kita setidaknya kita masih ada iman dalam hati yang akan membentengi kita dari perbuatan yang dilarang oleh agama.

Seperti manusia pada umumnya tentu menginginkan agar selalu diberi rasa bahagia dan dimudahkan segala urusannya. Akan tetapi rasanya tidak mungkin dalam kehidupan manusia seseorang tidak pernah diberi kesulitan sama-sekali.

Oleh karena hal itu, maka paling tidak langkah yang terbaik saat mendapat kesulitan adalah memohon kepada Allah SWT untuk diberi kemudahan dan diberi kesabaran dalam menghadapi setiap kesulitan yang sedang dihadapinya.

Berdoa merupakan senjata paling ampuh bagi orang yang beriman. Sebab dalam hatinya ada rasa pasrah yang begitu mendalam manakala sedang dihadapkan pada masalah lalu berdoa memohon kemudahan dan memasrahkan segala urusannya kepada Allah SWT.

Penjelasan Doa Kemudahan

Manusia seringkali terkecoh oleh godaan Syaitan manakala ia berada dalam keadaan kesulitan atau kesusahan. Menempuh jalan instan dengan cara mendatangi tukang ramal atau dukun-dukun yang dipercaya dapat menghilangkan segala kesusahan dan kesulitan hidup seringkali menjadi pelarian bagi seseorang yang imannya lemah.

Baca Juga : Doa Sehari Hari

Untuk itu agar kita terhindar dari rasa putus asa saat dihadapkan dengan masalah yang sulit, maka setidaknya kita berusaha dan rajin-rajin membaca doa agar diberi kemudahan.

اَللَّهُمَّ يَسِّرْ لَنَا أمُوْرَنَا فِى الدًّنْيَا وَالْأَخِرَةِ، اَللَّهُمَّ هَبْ لَنَا سَعَادَةً فِى الدُّنْيَا وَالْأَخِرَةِ، وَوَسِّعْ لَنَا فِى رِزْقِ وَبَارِكْ لَنَا فِى مَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

 “Allahumma yassir lana umuurana fid dunya wal akhirah, Allahumma hab lana sa’aadatan fid dunya wal akhirah, wa wassi’ lana fii rizki, wa baariik lana fii maa razaktana wa qinaa ‘adzaabannaar.”

Artinya : “Ya Allah mudahkanlah urusan-urusanku (kami) di dunia dan akhirat, ya Allah berikanlah kepada ku (kami) kebahagiaan di dunia dan akhirat, dan luaskanlah rizkiku (kami) dan berkahilah apa-apa yang engkau berikan kepadaku (kami) dan jagalah aku (kami dari siksa neraka.”

Keutamaan Membaca Doa Kemudahan

Membaca doa merupakan kewajiban bagi setiap orang muslim. Membaca doa juga merupakan suatu usaha batiniyah atau usaha dari dalam diri seseorang agar segala sesuatu yang diinginkan dapat tercapai atas ridha Allah SWT.

Membaca doa banyak sekali keutamaannya. Dalam pembahasan ini membaca doa kemudahan berarti kita memohon kepada Allah untuk diberi kemudahan atas kesusahan yang sedang kita hadapi.

Dari doa tersebut tentunya akan timbul rasa berserah diri kepada Allah SWT sehingga bertambah pula rasa kesabaran dan ketabahan dalam hati kita. Bila sabar dan tabah telah ada dalam hati maka sikap atau sifat putus asa tidak lagi menguasai diri kita.

Dengan demikian setidaknya kita telah menjaga keimanan kita dari godaan syaitan untuk melakukan cara-cara yang instan tetapi justru cara tersebut sangat dibenci oleh Allah SWT seperti misalnya mendatangi dukun atau meminta bantuan jin untuk menyelesaikan masalah yang sedang kita hadapi.

Demikian uraian yang kami tulis pada pembahasan kali ini. Terima kasih atas segala perhatian dari segenap pembaca sekalian. Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya atas segala kekurangan dan kesalahan yang ada.

Wassalamualaikum warahamtullahi wabarakatuh

Tinggalkan komentar