Doa Keluar Rumah

Assalamualikum warahmatullahi wabarakatuh. Rumah yang kita miliki bukanlah tempat yang asal tempat saja, melainkan suatu tempat yang kita harapkan mampu melindungi kita dari mara bahaya saat panas ataupun hujan. Rumah yang kita bangun tujuannya adalah untuk menaungi diri kita atau keluarga kita. sehingga rumah yang kita huni diharapkan mampu memberi kenyamanan.

Kenyamanan dalam rumah bukan hanya terpengaruh dari tata letak atau design interiornya saja, melainkan bagaimana penghuni rumah mengatur segala aktifitas di dalamnya. Maksudnya ialah seperti misalnya rumah yang selalu digunakan untuk aktifitas yang negate, seperti judi, mabuk-mabukan, tempat berkumpulnya laki-laki dan perempuan, dan lain-lain.

Baca Juga : Doa Keselamatan Berkendara

Akan memberikan pengaruh suasana atau hawa negatif bagi siapa saja yang memasukinya. Berbeda halnya dengan rumah yang sering dijadikan sebagai tempat berkumpul untuk acara atau kegiatan yang positif, seperti pengajian, santunan anak yatim, selalu dibacakan al-Quran, sering digunakan untuk membaca shalawat, dan lain-lain.

Maka hawa atau suasana rumah tersebut akan lebih mendamaikan bagi siapa saja yang memasukinya. Orang yang memasuki rumah yang sering dibacakan al-Quran atau shalawat biasanya akan cenderung merasa lebih betah ketimbang memasuki rumah yang tidak pernah dibacakan al-Quran atau shalawat.

Selain itu, memperbanyak tempelan atau gambar-gambar perempuan yang fulgar di dalam rumah juga akan berpengaruh terhadap kurangnya keberkahan atau kedamaian dari rumah tersebut. Demikian ini karena sejatinya malaikat enggah untuk memasuki rumah tersebut.

Selain gambar-gambar, patung-patung di halaman rumah, seperti patung binatang atau patung manusia juga menjadi penghalang masuknya malaikat ke dalam rumah. Bila ingin menempel foto atau gambar maka pajanglah foto-foto ulama atau kaligrafi ayat-ayat al-Quran atau juga kaligrafi dari bacaan-bacaan shalawat.

Selain untuk memperindah dekorasi dinding, selama shalawat itu masih ada selama itu pula shalawat akan memberikan keberkahan bagi seisi rumahnya. Kenapa demikian karena bangsa makhluk ghaib seperti jin yang muslim misalnya akan selalu membaca lafadz-lafadz tersebut.

Para malaikat juga kan betah memasuki rumah yang didalamnya terdapat foto-foto orang-orang alim. Terlebih lagi bila di rumah tersebut sering dibacakan ayat al-Quran atau bacaan shalawat, maka malaikat akan selalu mendoakan dan memintakan rahmat bagi seisi rumah tersebut.

Menjaga kedamaian atau keindahan rumah selain dari menjaga dekorasi interior dan eksteriornya, alangkah baiknya bila seisi rumah tersebut juga memperhatikan hal-hal yang selain dari aspek bangunan, seperti membaca salam bila masuk atau keluar rumah atau membaca doa-doa tertentu.

Doa Keluar Rumah

Meninggalkan rumah berarti kita tidak lagi mengetahui apa yang akan terjadi di dalam rumah tersebut. Maka untuk menghindari adanya sesuatu yang tidak diinginkan alangkah baiknya bila hendak keluar rumah, kita dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu;

Maksud doa diatas ialah kita berserah diri kepada Allah SWT. terhadap segala sesuatu yang akan terjadi nantinya, namun demikian bukan berarti kita berpikiran negative, akan tetapi sebagai bentuk kepasrahan yang disertai dengan harapan yang baik.

Selain doa di atas terdapat juga doa yang kita panjatkan kepada Allah SWT. agar dilindungi dari kesesatan ketika berada di luar rumah;

Kandungan dari doa diatas ialah memohon kepada Allah SWT. agar dilindungi dari kesesatan atau terjadi kecelakaan selama berada dalam bepergian atau keluar dari rumah hingga kembali lagi ke rumah.

Baca Juga : Doa Selamat

Demikian pembahasan tentang doa keluar rumah yang dapat kami sampaikan. Atas segala kekurangan dan kesalahan yang ada, kami mohon kepada para pembaca untuk tidak sungkan-sungkan memberi masukan kepada kami.

Harapannya ialah agar kami selalu mengembangkan dan memberikan informasi yang baik dan semoga bermanfaat untuk kita semuanya. Wassalamualikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tinggalkan komentar