DOA KEHILANGAN BARANG

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Manusia memang diciptakan sebagai mahluk yang tidak bisa lepas dari sifat lupa dan salah. Olehnya tentu kita pernah mengalami kehilangan suatu barang, baik barang itu sangat berharga atau hanya sekedar barang yang sifatnya mudah untuk kita dapatkan kembali.

Kehilangan barang berharga memang merepotkan pikiran dan diri kita sendiri. Terlebih lagi bila barang tersebut sedang dibutuhkan dan akan segera digunakan. Maka rasa kesal atau jengkel kerap kali membungkus hati kita.

banyak cara yang dilakukan orang-orang agar barang yang hilang tersebut dapat kembali lagi. Dari cara yang kurang baik sampai cara yang benar-benar terpuji atau memohon dan berserah diri kepada Alloh SWT akan keadaan barang tersebut.

Berbagai cara dapat orang lakukan, misalnya ketika kita kehilangan uang, orang biasanya akan mendatangi orang yang pandai melihat hal-hal ghoib atau orang pintar lantas meminta bantuannya untuk mencarikan atau melihat siapa kiranya yang mengambil uang tersebut.

Baca Juga : Doa Minta Rezeki

Atau berada di tempat manakah barang tersebut saat ini berada. Biasanya orang yang telah kehilangan benda-benda dengan material yang bernilai besar biasanya akan mendatangi orang pintar dan meminta bantuannya agar dapat mengembalikan barang tersebut.

Namun apabila barang tersebut hanya bernilai kecil biasanya orang akan mencoba mengingat-ingat kembali dimana terakhir menaruh atau melihat benda tersebut. ada yang sambil jongkok, ada merokok, bahkan ada pula sengaja masuk ke kamar mandi hanya karena ingin tenang sehingga dapat mengingat kembali dimana barang tersebut di taruh.

Akan tetapi sebenarnya dalam upaya mencari barang yang hilang, terdapat sebuah doa yang dapat kita panjatkan kepada Alloh SWT dengan tujuan kita memohon kepada Alloh SWT agar barang yang hilang tersebut dapat kembali ditemukan bila masih menjadi rizki kita.

DOA KEHILANGAN BARANG

Berdoa memang sebaiknya dilakukan untuk apa saja. Bukan hanya untuk memohon keselamatan atau rizki yang banyak saja melainkan bila kita kehilangan barang pun kita dianjurkan untuk memohon kepada Alloh dengan membaca doa kehilangan barang berikut ini;

Doa Kehilangan Barang Latin

Allohumma yaa jaami’in naasi li yaumin laa roiba fiihi ijma’ bainiy wa baina dhollatiy fii khoirin wa ‘afiyatin

Terjemah Arti Doa Kehilangan Barang

“wahai Tuhanku, wahai Tuhan yang mengumpulkan semua manusia di hari yang tiada ragu lagi padanya. Pertemukanlah aku dengan barangku dengan kebaikan dan ‘afiyat.”

Nah itulah doa kehilangan barang yang dapat kita ketika kehilangan suatu barang. Dengan membaca doa kehilangan barang tersebut sebenarnya selain memohon agar dapat ditemukan kembali juga terdapat rasa pasrah atau berserah diri akan barang yang hilang tersebut.

Maksudnya ialah apabila barang tersebut ternyata tidak ditemukan kembali, maka setidaknya tidak ada rasa sesal yang berlebihan didalam hati kita, karena kita tahu bahwa segala sesuatu tidak semuanya baik bagi kita. Dan tentu hanya Alloh saja yang maha mengetahui.

Baca Juga : Doa Sehari Hari

Maka dengan membaca doa kehilangan barang tersebut sebenarnya kita lebih berserah diri kepada Alloh SWT mengenai barang tersebut. Bila hal tersebut memang baik untuk kita tentu akan Alloh kembali lagi kepada kita, namun bila barang tersebut kurang baik bagi kita tentu akanAlloh ganti dengan yang lebih baik nantinya.

Nah semoga kita termasuk orang yang di jaga oleh Alloh dari perbuatan syirik atau menyekutukan Alloh. Mengapa karena biasanya ketika dalam posisi atau situasi sulit kadang manusia lebih memilih percaya kepada hal yang bersifat syirik atau percaya terhaddap kemampuan suatu benda magis.

Demikian pembahasan dari doa kehilangan barang yangkami sampaikan. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tinggalkan komentar