Doa Berpakaian

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Berpakaian merupakan salah satu kewajiban manusia. Tujuan dari mengenakan pakaian ialah untuk menutup aurat. Sehingga lekuk tubuh tidak terlihat oleh lawan jenis karena dapat menimbulkan hal yang tidak diinginkan.

Kira-kira demikian sekilas mengenai tujuan dari berpakaian. Berpakaian yang baik sebenarnya bukanlah siapa yang paling mahal harganya dan paling bagus modelnya. Pakaian yang baik adalah pakaian yang menutupi aurat pemakainya.

Maka pakaian bukan dilihat dari seberapa mahal harganya atau seberapa bagus modelnya. Pakaian yang baik juga dilihat dari segi kondisinya. Semisal menghadiri acara pengajian rasanya kurang cocok bila mengenakan pakaian yang serba mencolok warnanya, glamor modelnya dan banyak aksesoris.

Atau bertakziyah misalnya sangat tidak cocok mengenakan pakaian dengan warna mencolok atau dengan pakaian yang mewah atau bahkan dengan mengenakan pakaian yang memperlihatkan lekuk tubuhnya.

Bertakziyah sebaiknya mengenakan pakaian dengan warna yang kalem atau tidak mencolok. Juga dengan model pakaian yang sederhana atau biasa saja. Tidak mengenakan pakaian yang banyak aksesorisnya.

Jadi dalam berpakaian sebenarnya di dalam agama juga dibahas mengenai bagaimana berpakaian yang baik, berpakaian yang dapat menutup aurat dan berpakaian yang tidak berlebihan.

Tata Cara Berpakaian

Tata cara berpakaian bukan berarti urutan atau cara dalam mengenakan pakaian, akan tetap bagaimana cara berpakaian sehingga dapat bernilai ibadah. Berpakaian memang bukanlah termasuk ibadah mahdoh seperti halnya shalat.

Berpakaian menjadi wajib karena manusia memang harus menutupi auratnya dari pandangan selain dirinya. Dalam hal ini adalah orang lain yang makhromnya. Tatacara atau adab dalam berpakaian agar menjadi bernilai ibadah ialah tentunya diniati dengan baik yaitu untuk menutupi aurat.

Baca Juga: Kumpulan Doa sehari hari

Mendahulukan badan bagian kanan terlebih dahulu dalam mengenakan pakaian, misal seperti memasukan tangan ke lengan baju. Baiknya ialah mendahulukan tangan kanan ketimbang tangan kiri. Didahului dengan membaca doa berpakaian.

Penjelasan Doa Berpakaian

Terlebih ketika mengenakan pakaian yang baru tentunya menambah kesan menyenangkan dalam hatinya. Pakaian memang akan menambah kesan percaya diri bagi pemakainya dan menumbuhkan semangat baru. Karena pakaian kadang juga melambangkan maksud dari pemakainya.

Demikian doa ketika mengenakan pakain yang dapat dibaca oleh para pembaca sekalian. Semoga bermanfaat;

Doa Berpakaian Arab

Terjemah Arti Doa Berpakaian 

“Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu kebaikan pakaian ini dan kebaikan sesuatu yang didalamnya, dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan pakaian ini dan keburukan sesuatu yang ada di dalamnya.”

Dengan membaca doa seperti diatas harapannya ialah agar dalam mengenakan pakaian sebagaimana kita mengenakan pakaian dalam setiap harinya nantinya dapat bernilai ibadah. Karena terdapat niat yang baik dan disertai dengan membaca doa pula.

Selain doa diatas terdapat pula doa yang lain seperti dibawah ini, dapat pula dibaca ketika hendak mengenakan pakaian, berikut doanya;

اَلْحَمْدُ لِلهِ كَسَانِي  مَا أوَارِي بِهِ اَوْرَتِي وَاَتَجَمَّلُ بِهِ حَيَاتِي

“alhamdulillahi kasaanii ma uwaarii bihi auraati wa atajammalu bihi auratii”

“segala puji bagi Allah yang mengenakanku pakaian yang menutupi aurat dan aku dapat berhias dengannya.”

Doa Pakaian Baru

Sebenarnya antara mengenakan pakaian yang baru atau lama sama saja, tidak ada perbedaan. Akan tetapi tidak ada salahnya bila ketika mengenakan pakaian yang baru terdapat rasa syukur yang lebih dari diri kita karena telah diberi rizki berupa pakaian baru.

Berikut ini doa yang bisa dibaca teman-teman sekalian ketika mengenakan pakain yang baru.

اَلَّلهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ كَسَوتَنِيهِ أَسْأَلُكَ خَيْرَهُ وَخَيرَمَا صُنِعَ لَهُ، وَأَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَا صُنِعَ لَهُ

“Tuhanku, segala puji bagi-Mu, Engkau yang mengenakan pakaian. Aku yang minta kepada-Mu kebaikan pakaian ini dan kebaikan yang dilakukan pakaian ini. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan pakaian ini dan keburukan yang dilakukan dengan pakaian ini.”

Nah itulah beberapa doa mengenakan pakaian yang bisa dibaca oleh teman-teman sekalian. Yang dimaksud pakaian disini bukan hanya baju saja, melainkan celana, sepatu, sandal termasuk juga jaket atau sesuatu yang melekat pada badan.

Baca Juga: Doa Selamat

Demikian yang dapat kami sampaikan, atas segala kekurangan dan kesalahan yang ada, baik yang disengaja ataupun yang tidak disengaja kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamualaikumwarahamtullahi wabarakatuh

Tinggalkan komentar