DOA BANGUN TIDUR

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidur merupakan suatu media bagi manusia untuk melepas lelah setelah bekerja atau melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Tidur juga dapat menjadi nilai ibadah apabila kita memperhatikan beberapa hal yang berhubungan dengan niat.

Tidur dapat bernilai ibadah manakala kita niatkan untuk mengistirahatkan badan sehingga dapat melakukan aktivitas sehari-hari atau kegiatan ibadah di hari berikutnya. Maak tidur yang diniatkan demikian nantinya akan dicatat sebagai amal ibadah karena memiliki niat dan bertujuan yang baik.

Tidur yang baik dalam bingkai pembahasan nilai keislaman hendaknya melakukan wudhu sebelum tidur, melakukan sholat sunnah, membaca doa sebelum tidur dan diteruskan dengan membaca shalawat atau membaca dzikir sembari memejamkan mata hingga tertidur pulas.

Baca Juga : Doa Sehari Hari

Orang yang tidur demikian biasanya akan mengalami ketenangan hati dan jiwa yang benar-benar mendamaikan, sehingga tidurnya tersebut benar-benar dapat melepaskan rasa lelah yang ada di tubuhnya.

Doa hendak tidur. Agar tidur kita bisa tenang dan nyenyak maka hendaklah membaca doa berikut ini:

Doa Sebelum Tidur

بِسْمِ كَ اللَهُمَّ اَحْيَى وَبِسْمِكَ اَمُوْتُ

Doa Sebelum Tidur Latin

Bismikalloohumma ahya wa bismika amuut

Terjemah Arti Doa Sebelum Tidur

“dengan menyebut nama-Mu ya Alloh aku hidup dan dengan menyebut nama-Mu aku mati”

Doa Bangun Tidur

Bila sebelum tidur kita membaca doa maka ketika bangun tidur hendaknya juga membaca doa bengun tidur.

اَلْحَمْدُ لِلّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَمَا اَمَاتَنَا وَاِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Doa Bangun Tidur Latin

Alhamdulillahil ladzii ahyaanaa ba’dama amaatanaa wa ilakan nusyuuru

Terjemah Arti Doa Bangun Tidur

“segala puji bagi Alloh, Tuhan yang menghidupkan kami setelah Ia mematikan kami. Kepada-Nya lah kebangkitan hari kiamat.”

Melihat dari bacaan doa bangun tidur, sedikit ada pertanyaan dalam benak kita tentunya, mengapa dalam dia tersebut dikatakan “Tuhan yang telah menghidupkan kami setelah Ia mematikan kami” demikian penjelasannya;

Malam merupakan sebuah misteri yang besar, karena malam diciptakan dengan keadaan gelap gulita. Setiap yang hitam biasanya akan dikaitkan dengan sesuatu yang menakutkan atau negatif.

Hitam dan gelap merupakan dua hal yang umumnya menakutkan bagi manusia. Malam menjadikan manusia terlelat dalam tidurnya. Dalam keadaan tidur manusia tidak dapat mengingat apapun.

Baca Juga : Doa Minta Rezeki

Dalam keadaan demikian manusia seolah menjadi orang yang mati karena tidak tidak dapat berbuat apapun layaknya manusia hidup. Sehingga manusia yang dalam keadaan tidur dapat dikatakan sebagai manusia yang mati.

Artinya adalah tidur merupakan sesuatu yang menyerupai dengan mati karena dalam keadaan tersebut manusia hanya tergeletak lemah tanpa bisa berbuat apa-apa.

Nah maka dari itu dalam doa bangun tidur kita mengucapkan syukur kepada Alloh karena telah dihidupkan kembali setelah tertidur pulas. Juga dalam keadaan tidur manusia tidak dapat menerka apakah ada bahaya yang sedang mengancam ataukah tidak.

Maka dari itu selepas banguntidur dan kita menjumpai diri kita dalam keadaan selamat, sehat tanpa ada sesuatu yang kurang dari jasad kita, maka sudah sepantasnya kita mengucapkan rasa syukur kita terhadap Alloh tang telah menjaga tidur kita sepanjang malam.

Melalui doa tersebut juga sebenarnya dapat kita pelajari bersama bahwa dalam keadaan tidur sebenarnya ruh manusia pergi meninggalkan jasadnya. Dan ketika manusia tersebut terjaga maka ruh tersebut akan kembali lagi menempati jasadnya.

Sehingga mengenai kembalinya ruh tersebut ke jasad kita perlu kita syukuri. Tidak jarang juga dalam kehidupan kita sehari-hari kadang dijumpai orang meninggal dalam keadaan tertidur atau orang tidur kemudian tidak terbangun untuk selamanya.

Berarti ruh orang tersebut benar-benar meninggalkan jasadnya untuk selamanya. Nah maka dari itu membaca doa bangun tidur sangat penting untuk kita baca, karena merupakan sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Alloh SWT.

Yaitu syukur karena telah dijaga dari mara bahaya selama kita tertidur sekaligus karena Alloh telah mengembalikan ruh ke dalam jasad kita, sehingga dapat hidup kembali di hari berikutnya.

Demikan yang dapat kami tulis pada pembahasan kali ini. Atas segala kekhilafan dan kesalahan mohon maaf yang sebesar-besarnya. Wassalamualaikumwarahmatullahi wabarakatuh. 

Tinggalkan komentar