Doa Akhir Tahun

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Akhir tahun biasanya menjadi momen yang dipersiapkan untuk merayakan tahun baru. Selama ini khususnya bagi umat muslim akan dihadapkan dengan dua tahun baru yaitu tahun baru hijriyah dan tahun baru masehi.

Pada masa akhir tahun artinya kita akan menghadapi pergantian tahun dengan datangnya tahun yang baru. Sebagai umat muslim kita seringkali mendengar perbedaan pendapat terkait perayaan menyambut tahun baru.

Nah untuk tahun baru hijriyah apakah diperbolehkan bila umat muslim merayakannya? Untuk menjawab ini tentu kita tidak bisa hanya melihat dari kata merayakan saja, melainkan harus pula melihat kegiatan apa yang akan dilaksanakan untuk perayaan tahun baru tersebut.

Berbeda dengan tahun baru masehi, biasanya ketika datang tahun  baru hijriyah tidak setiap orang akan menyibukan diri untuk menyambut datangnya tahun yang baru terkecuali yang memahami saja akan adanya pergantian tahun baru hijriyah.

Mengisi Akhir Tahun Untuk Instrospeksi Diri

Ketika berada dipenghujung tahun alangkah sebaiknya kita menghisab diri sendiri, memikirkan dosa atau kehilafan yang dilakukan selama setahun terakhir namun juga belum sempat bertaubat.

Hal ini baik dilakukan agar sebagai umat muslim, kita menyadari bahwa masing-masing dari kita memiliki dosa dan ketidaksempurnaan, dengan hal ini harapannya agar kita tidak menjadi orang yang selalu merasa benar sendiri.

Anjuran Membaca Doa Akhir Tahun

Rasulullah saw. ketika diakhiri tahun (hijriyah) beliau membaca doa sebanyak tiga kali. Doa tersebut berisi permohonan ampunan kepada Allah SWT. akan kesalahan-kesalahan yang telah lampau dan memohon agar diberi kesempatan untuk memperbaikinya di tahun yang akan datang.

Juga didalam doa tersebut berisi permohonan kepada Allah SWT. agar menerima amal perbuatan yang telah dilakukan selama setahun terakhir, semoga amal yang dilakukan meskipun tidak sempurna tersebut tercatat sebagai amal ibadah dan mendapat ridho-Nya.

Doa Akhir Tahun

اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Doa Akhir Tahun Latin

Untuk teman-teman yang masih belum bisa membaca doa akhir tahun dengan tulisan arab, maka jangan berkecil hati karena teman-teman bisa membacanya dengan menggunakan aksara latin, berikut bacaannya:

“Allohumma maa ‘amiltu min ‘amalin fii hadzihis sanati maa nahaitani ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fihaa ‘alayya bifadhlika ba’da qudrotika ‘ala ‘uquubati, wa da’autani ilat taubati min ba’di jaroo’ati ‘ala ma’shiyatik. Fa inni astaghfiruka, faghfirli wa maa’amiltu fihaa mimmaa tardhoo, wa wa’attanii ‘alaihits tsawaaba fa as-aluka an tataqobbala minnii wala taqto’ rojaa-i minka yaa kariim.”

Baca Juga: Doa Panjang Umur

Doa Akahir Tahun Dan Artinya

Nah barangkali ada yang memerlukan guna di pajang atau ditempel dibuku agar mudah dibaca maka kami buatkan doa akhir tahun dalam bentuk jpeg agar nantinya teman-teman bisa memanfaatkannya. Berikut ini kami tulis doa akhir tahun dan artinya;

اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

“Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Engkau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Engkau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Engkau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berrarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Engkau menerima perbuatanku yang Engkau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah pupuskan harapanku. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.”

Nah jadi momen akhir tahun itu alangkah sebaiknya digunakan untuk menghisab diri sendiri, memikirkan kekurangan, kesalahan dan dosa yang dilakukan selama setahun terakhir. Sehingga harapannya semoga ditahun berikutnya kita bisa memperbaiki amal ibadah, dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Demikian yang dapat admin nyamankubro sampaikan semoga bermanfaat dan maslahat bagi kita semuanya. Amiin ya rabbal ‘alamin. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tinggalkan komentar