bacaan ayat kursi

BACAAN AYAT KURSI

Keutamaan Ayat Kursi,  khasiat ayat kursi

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selamat beraktifitas, selamat menjalankan tugas dan kewajiban kita sebagai manusia. Baik kewajiban terhadap Alloh SWT atau kewajiban terhadap sesama manusia. Semoga kita semua selalu diberi kesehatan, kesemangatan dan ketekunan untuk menyelesaikan tugas-tugas kita.

Dalam kehidupan sehari-hari tentu kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya ayat kursi. Ayat kursi merupakan salah satu ayat dari al-Quran yaitu pada surat al-baqoroh. Dalam beberapa hadits disebutkan bahwa ayat kursi adalah ayat yang paling agung di dalam al-quran.

Semakin kita pahami akan kandungan atau keagungan ayat kursi semoga dapat menjadi lantaran bagi kita untuk selalu beriman dan bertaqwa kepada Alloh SWT. Berikut ini kami rangkum mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan ayat kursi.

Berikut keutamaan ayat kursi yang perlu Anda ketahui

  • Ayat kursi yaitu ayat yang paling agung di dalam al-quran

Ayat kursi merupakan ayat yang paling mulia di dalam al-quran. Dan keagungan yang dimiliki ayat kursi yaitu melebihi antara langit dan bumi. Selain itu dalam salah satu hadits disebutkan bahwa ayat kursi memiliki mulut dan dua bibir yang disucikan oleh para malaikat di kaki “arsy. Sebagaimana dalam sebuah hadits berikut:

  • Ayat kursi merupakan ayat yang paling di berkahi

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh imam Abu Hamid bin Muhammad al-Ghozali disebutkan bahwa “tidak ada yang dapat membukakan kesulitan, menyingkirkan bencana dan menghilangkan kesedihan lebih cepat selain ayat kursi.” Dari penggalan terjemah hadits tersebut dapat kita simpulkan bahwa ayat kursi sangat memberkahi.

  • Ayat kursi merupakan penghulu al-quran

Terdapat sebuah hadits yang menyebutkan bahwa ayat kursi merupakan penghulu al-Quran. Di dalam hadits tersebut diterangkan “segala sesuatu pasti ada yang lebih unggul dan lebih tinggi” sesuatu yang dimaksud lebih unggul dan lebih tinggi yaitu ayat kursi.

Dan di dalam hadits tersebut juga disebutkan bahwa “sesungguhnya yang lebih tinggi dan lebih unggul dari al-quran adalah surat al-baqarah. Dan di dalam surat al-baqarah terdapat ayat yaitu penghulu ayat-ayat al-quran yaitu ayat kursi.”

  • Ayat kursi merupakan ayat pembuka bagi segala kesusahan

Banyak sekali peperangan yang pernah dimenangkan oleh rasulullah saw. Salah satu hal yang dilakukan oleh rasulullah adalah berdzikir memohon kepada Alloh SWT. Doa atau dzikir yang beliau baca adalah ayat kursi. Dengan perantara ayat kursi tersebutlah Alloh SWT membukakan banyak pintu kemudahan dan kemenangan.

  • Ayat kursi sebagai pertolongan bagi umat muslim

Ayat kursi juga memiliki keutamaan atau faidah sebagai penolong bagi umat muslim. barang siapa yang rajin membaca ayat kursi selepas sholat fardhu atau sholat sunnah, maka Alloh akan memberikan pertolongan bagi orang tersebut saat dalam kondisi kesusahan atau kesulitan.

Selain itu dengan rajin mengamalkan ayat kursi, maka Alloh akan melindungi kita dari gangguan orang-orang yang memiliki niat jahat kepada kit, seperti gangguan jin dan syaitan atau orang-orang yang ingin mencelakakan kita, seperti santet atau guna-guna.

  • Ayat kursi sebagai perlindungan bagi hamba Alloh

Bagi orang yang rajin membaca atau mengamalkan ayat kursi, maka bagi orang tersebut akan diberikan perlindungan oleh Alloh SWT. Seperti gangguan yang datang dari jin tau syaitan. Jadi mari kita usahakan untuk senantiasa mengamalkan membaca ayat kursi.

  • Ayat kursi dapat memberikan banyak manfaat

Ayat kursi selain memiliki banyak keberkahan di dalamnya juga memiliki banyak kemanfaatan. Seperti dalam proses pengobatan bekam misalnya, bekam yang dibacakan ayat kursi akan memiliki dua kali lipat kemanfaatan disbanding dengan bekam yang tidak dibacakan ayat kursi.

  • Ayat kursi dapat menghapus keburukan

Bila seseorang mengamalkan ayat kursi, maka malaikat akan mencatat kebaikan bagi orang tersebut dan akan menghapus keburukannya. “Alloh SWT akan mengutus para malaikat untuk mencatat segala kebaikannya dan menghapus keburukannya hingga esok hari”.

  • Ayat kursi dapat memudahkan sakaratul maut

Begitu banyak kandungan yang terdapat di dalam ayat kursi. Bila semasa hidupnya seseorang rajin mengamalkan ayat kursi, maka Alloh akan mempermudah sakaratul maut bagi orang tersebut. Dan juga dengan lantaran ayat kursi.

  • Menjadi perantara kesejahteraan dalam hidup

Mengamalkan ayat kursi dengan membacanya secara istiqomah, makan akan banyak keistimewaan yang akan didapatkan. Selain mendapatkan kebaikan atau keberkahan seperti yang telah kami uraikan di atas, bahwasanya bagi orang yang istiqomah membaca ayat kursi, maka baginya akan diberi kesejahteraan terutama di hari akhir kelak.

AYAT KURSI KHOT TULUTS

Bacaan Ayat Kursi Latin

Bacaan Ayat Kursi Bahasa Arab

Terjemahan Arti Ayat Kursi

“Alloh. Tidak ada tuhan yang disembah kecuali Alloh. Dzat yang hidup lagi menjalankan. Alloh tidak mengantuk dan tidak tidur. Alloh memiliki segala sesuatu yang terdapat di langit dan bumi. Tidak ada orang yang dapat memberi syafaat kecuali dengan izin Alloh. Alloh mengetahui sesuatu yang terdapat dibelakang atau didepan makhluk. Makhluk tidak bakal mengetahui ilmunya Alloh kecuali yang telah dikehendaki Alloh. Singgasana Alloh cukup untuk sesuatu yang terdapat di langit dan bumi dan Alloh tidak akan keberatan untuk menjaga langit dan bumi. Alloh dzat yang maha luhur lagi maha agung.”

Demikianlah beberapa keutamaan atau fungsi dari ayat kursi yang dapat kami sampaikan. Tentu terlepas dari pembahasan yang kami sampaikan masih banyak lagi fadhilah-fadhilah atau keutamaan dari ayat kursi, jangan berhenti belajar. Terus membaca dan tetaplah rendah hati. Sebab dari kedua sifat itulah kita dapat menerima segala hal yang baru.

Agar senantiasa apa yang menjadi tujuan atau cita-cita kita diridhoi oleh Alloh SWT, maka jangan lupa untuk selalu mengamalkan perintah Alloh dan menjauhi larangan-Nya. Benar sebagai manusia tentu kita tidak dapat lepas dari yang namanya dosa, maka dari itu perbanyaklah membaca istighfar.

Dan berhubungan dengan ayat kursi alangkah sebaiknya bila kita juga ikut mengamalkan dalam kehidupan kita sehari-hari, agar terhindar dari orang-orang yang syirik terhadap kita atau orang yang ingin mencelakai kita. Akan tetapi sangat tidak baik bila kita menaruh sifat buruk sangka terhadap orang lain, jadi tetap positif dan selalu berdoa untuk keselamatan kita.

Terima kasih atas segala perhatian yang telah kalian curahkan kepada kami. Terus kunjungi blog kami untuk mendapatkan informasi seputar agama dalam kehidupan kita sehari-hari. Akhirul kalam wabillahi taufiq wal hidayah, wassalamu’alaikm warahmatullahi wabarakatuh.

2 pemikiran pada “bacaan ayat kursi”

Tinggalkan komentar