Arti Amanah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

Amanah merupakan salah satu sifat rasululloh shollallohu ‘alaihi wasalam. Kita juga seringkali mendengar kata-kata amanah. Lantas apa sih yang dimaksud dengan amanah dan apa itu arti amanah?

Nabi Muhammad SAW sebagai utusan Allah SWT tentunya memiliki sifat-sifat yang begitu mulia seperti sifat amanah misalnya. Rasululloh sendiri sangat menjaga amanah sejak beliau belum diangkat menjadi nabi.

Beliau pernah diberi tugas untuk menggembala kambing milik pamannya. Beliau urus kambing tersebut dengan penuh perhatian dan tanggung jawab. Begitu pula ketika beliau berdagang membawakan dagangan khodijah.

Baca Juga : Arti Birul Walidain

Beliau sangat hati-hati dalam menjaga barang dagangan majikannya. Termasuk juga dengan uang hasil penjualan dagangan tersebut. Beliau selalu jujur dan amanah menjalankan bisnisnya.

Orang biasa pada umumnya pun juga bisa memiliki sifat amanah sebagaimana dicontohkan oleh nabi Muhammad SAW. Dalam kehidupan sehari banyak sekali contoh-contoh perilaku amanah yang dapat kita jadikan sebagai teladan.

Arti Amanah

Amanah berasal dari bahasa arab yaitu; اَمَانَةٌ yang artinya adalah dapat dipercaya.

Pengertian Amanah

Jadi sifat amanah adalah sifat seseorang yang dapat menjaga atau menjalan amanah (perintah atau titipan) dengan baik.

Jadi maksudnya ialah orang tersebut dapat menjalankan suatu tugas dengan baik dan benar. Atau  bila orang tersebut diberi titipan sesuatu maka orang tersebut dapat menjaganya dengan baik.

Contoh Perbuatan Amanah Seorang Siswa

Sebagai contoh misalnya seorang siswa diberi uang oleh orang tuanya guna membayar SPP sekolah. Uang tersebut dinamakan sebagai amanah yang harus disampaikan oleh si siswa kepada sekolahan tempat ia belajar.

Akan tetapi karena ada keinginan lain lantas siswa tersebut menggunakan uang SPPnya untuk keperluan yang lain yaitu untuk mentraktir teman-temannya dan foya-foya bersama.

Nah dari sedikit gambaran diatas sikap seorang siswa yang menggunakan uang bayaran SPP untuk mentraktir temannya dan foya-foya bersama merupakan sikap khianat. Yaitu kebalikan dari sikap amanah.

Mestinya, yang benar adalah uang yang telah diterima dari orang tuanya guna membayar SPP tersebut benar-benar dibayarkan kepada pihak sekolahan, bukan digunakan untuk yang lain.

Contoh Perbuatan Amanah Seorang Yang Bekerja Di Badan Pemerintah

Contoh lain misalnya sebagai seorang yang bekerja di badan pemerintahan suatu kali menerima perintah untuk menyalurkan dana bantuan kepada masyarakat kurang mampu.

Baca Juga : Pengertian Fiqih

Setiap warga yang terdata sebagai warga yang kurang mampu mendapatkan bantuan berupa uang 100 ribu dan beras 10 kg. sebagai pejabat yang bertanggung jawab dan memegang amanah dengan penuh hati-hati, maka perintah tersebut benar-benar dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

Tidak ada sedikitpun uang yang dipotong dengan alasan yang berbelit-belit. Begitu juga dengan beras 10 kg. tidak ada biaya untuk ini dan itu dengan alasan yang bermacam-macam. Semuanya disampaikan kepada yang berhak menerimanya dengan amanah.

Atau contoh lainnya lagi misalnya sebagai seorang teman kadang kala ada salah satu teman kita yang menceritakan suatu permasalahan yang bersifat sangat rahasia. Lantas kita diminta untuk menjaga cerita yang bersifat rahsia tersebut.

Karena hal itu bersifat rahasia dan teman kita meminta kita untuk menjaga permasalahan tersebut, maka sikap yang terbaik adalah menjaga sepenuhnya permasalahan tersebut. Jangan sampai kita menceritakannya lagi kepada orang lain.

Nah itulah contoh kecil tindakan amanah yang dapat kita lakukan di kehidupan kita sehari-hari. Semoga kita termasuk orang yang bisa menjaga amanah baik amanah yang kecil ataupun amanah yang besar.

Sebab dari sifat amanah itulah kita dapat dipercaya oleh banyak orang dan mendapatkan tempat dihati orang-orang disekitar kita. Sehingga bilamana kita sudah mendapat kepercayaan, maka segala sesuatu akan menjadi mudah.

Semoga kita dijauhkan dari sifat khianat, yaitu kebalikan dari sifat amanah. Alangkah bear kerugian yang akan diperoleh bila kita senang terhadap sifat khianat. Naudzubillahi min dzalik.

Wassalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh.