Adab Makan Dan Minum

Assalamualaikum wr.wb

Sahabat setia, banyak dari kita terkadang terburu-buru dalam makan atau minum. Banyak hal yang kita tidak perhatikan dalam makan. Makanan yang panas juga biasa langsung kita makan dengan meniupnya padahal dalam agama islam hal ini tidak diperkenankan.

Makan dan minum dalam agama islam ada aturannya. Ada hal yang harus diperhatikan, apakah itu diperbolehkan atau tidak semua sudah ada aturannya. Tata cara atau adab masih kurang mendapat perhatian atau kurang difahami oleh umat islam.

Apa Saja Yang Harus Diperhatikan Dalam Makan dan Minum ?

Tentunya banyak yang harus diperhatikan agar makan dan minum kita mendapat keberkahan di dalamnya ;

  1. Cuci Bersih Tanganmu

Tangan yang sering digunakan dalam beraktivitas terkadang membuat kita lupa untuk mencucinya. Walaupun terkadang terlihat bersih namun sebenarnya ada bakteri yang menempel ditangan kita.

Sebaiknya sebelum makan hendaknya kita mencuci tangan dengan bersih, jika dikaitkan dalam dunia medis juga sangat rasional jika sebelum makan kita mencuci tangan. Karena jika tangan kita bersih makanan akan tercerna dengan baik dan tidak menimbulkan penyakit.

  1. Baca Bismillah Sebelum Makan

Membaca bismillah sebelum makan membuat makanan memperoleh keberkahan dari Allah Swt. Apa yang masuk ke dalam mulut kita sebagai sebuah keberkahan dan rezeki yang patut kita syukuri yaitu dalam bentuk makanan dan minuman.

  1. Jangan Meniup Makanan

Makanan yang biasanya panas akan kita tiup tujuannya adalah untuk mendinginkan. Namun perlu kita ketahui bahwa makanan yang kita tiup dalam islam tidak diperkenankan. Tentunya ada mudzorot tersendiri yang membuat agama islam melarang hal tersebut.

  1. Makan secukupnya Jangan Berlebihan

Dalam hadis juga dijelaskan makanlah jika kamu lapar dan berhentilah makan sebelum kamu kenyang. Hal ini bisa disebut juga ajaran agama islam dalam mengatur pola makan. Manfaat sangat banyak untuk menjaga kesehatan manusia.

  1. Selesai Makan minum ucapkan Alhamdulilah

Selesai makan hendaknya kita mengucapkan alhamdulilah sebagai wujud rasa syukur kita terhadap Allah Swt yang telah memberikan rahmat berupa makanan dan minuman.

Simaka Juga Artikel: Doa Sesudah Makan

Hikmah Memperhatikan Adab Makan dan Minum

Ada beberapa manfaat yang kita peroleh jika kita memperhatikan adab makan dan minum antara lain

  • Menambah rasa syukur kepada Allah Swt atas rahmat yang beliau berikan.
  • Mengajarkan kita dalam meningkatkan kesabaran.
  • Menjaga kesehatan badan dengan mengatur pola makan dan minum yang biasa dilakukan.
  • melatih diri kita untuk selalu ingat kepada Allah Swt.

Demikian adalah beberapa pembahasan tentang adab makan dan minum sahabat setia, kita sebagi umat islam sangat dianjurkan melaksanakan hal-hal di atas. Jika kita bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari maka Allah akan mendatangkan keberkahan di  dalam setiap sesuap nasi yang kita makan.

Manfaat dan mudzorot akan sangat terasa dalam kehidupan jika kita telah melaksanakannya. Jangan terburu-buru dalam makan, karena akan tersedak dan membuat makanan yang kita makan tidak nikmat.

Cobalah bersama-sama mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari secara berurutan dan istiqomah maka aka nada hal positif atas perubahan yang kita laksanakan. Makanan dan minuman sebagai bentuk rahmat dari Allah sepatutnya kita perlakukan juga dengan baik.

Tidak membiarkan makanan agar mubadzir pula, mengingat masih banyak diluaran sana yang masih kurang beruntung dan sulit mendapatkan makanan. Marilah bersama-sama kita lakukan hal yang dianjurkan oleh Allah dalam kehidupan.

Akhirukallam, Wassalamu’alaikum wr.wb.

Tinggalkan komentar